GAYA HIDUP

Rabu, 01 Mei 2019 | 17:55 WIB

Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Mia Umi Kartikawati
Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kehadiran layanan transportasi umum tidak dapat dipisahkan dari aktivitas keseharian perempuan Indonesia. Sebagian besar perempuan pekerja rutin menggunakan transportasi umum, tak terkecuali transportasi online.

Maka penting bagi perusahaan aplikasi transportasi online untuk juga memberikan rasa aman bagi penggunanya, khususnya perempuan. Dengan memberikan rasa aman, para penumpang, khususnya perempuan akan lebih percaya dan nyaman menggunakan layanan transportasi online yang saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi populer di Indonesia.

Hal ini penting mengingat Komnas Perempuan mencatat jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan yang selalu naik setiap tahunnya.

Dengan misi bersama untuk menciptakan layanan transportasi yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh perempuan di Indonesia, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dan Grab Indonesia berkolaborasi untuk mencegah tindak kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Grab Indonesia, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan untuk berbagai upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia.

Kerja sama tersebut meliputi dukungan Komnas Perempuan untuk membantu Grab Indonesia dalam meningkatkan komitmen terhadap keselamatan terutama bagi perempuan, baik penumpang dan mitra pengemudi, serta komitmen Grab Indonesia untuk mendukung pencegahan dan penanganan korban kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut dan dalam rangka peringatan Hari Kartini yang jatuh di bulan April, IKa dan Komnas Perempuan bersama Grab Indonesia melakukan kampanye bersama untuk perempuan Indonesia. Kampanye ini dilakukan untuk mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pengguna Grab Indonesia untuk berdonasi melalui poin GrabRewards mulai dari tangga 1 April sampai dengan 23 April 2019.

Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari mengatakan bahwa dukungan untuk Pundi Perempuan ini akan disalurkan bagi perempuan korban kekerasan seksual.

Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyumbang, berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia, kata Anik Wusari, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (01/05/2019).

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) sangat mendukung perusahan transportasi online berkomitmen dalam mencegah kekerasan seksual di jalanan. Ini merupakan upaya yang sangat baik yang dilakukan perusahaan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan seksual terhadap perempuan.

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) juga mendorong diadakannya mekanisme keluhan bagi para pengguna transportasi online, terutama perempuan karena ini merupakan upaya untuk memperkecil jumlah kekerasan terhadap perempuan, karena kekerasan yang terjadi di jalan akan membatasi ruang gerak perempuan.(tka)

#cegah #kekerasan #seksual #terhadap #perempuan
BERITA TERKAIT
Kendalikan Hipertensi, Cegah Obesitas
Makanan Tak Sehat Picu Penyakit Degeneratif
Penyakit Degeneratif Bisa Serang Siapa Saja
Manfaat Sunat untuk Kesehatan
(Konsep Desain Skandinavia jadi Favorit) Pasangan Baru Incar Gaya dan Isi Rumah Minimalis
Aktivitas Padat, Jaga Asupan Air Minum
(Agung Hercules Terkena Kanker Otak) Sering Nyeri Kepala, Waspada Kanker Otak

kembali ke atas