MOZAIK

Jumat, 03 Mei 2019 | 09:00 WIB

Jadikanlah Ibadah Amal yang Tulus karena Allah

Jadikanlah Ibadah Amal yang Tulus karena Allah
(Ilustrasi)

SYEKH Ibnu Athaillah al Iskandari, wafat 709 H, menuturkan, dari Mahmud ibn Labid diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik yang paling kecil."

Para sahabat pun bertanya, "Apa syirik terkecil itu ya Rasulullah?" Beliau menjawab,"Riya." Wahai saudaraku, jadikanlah amal ibadahmu sebagai amal yang tulus hanya karena Allah, sehingga engkau bisa mendapatkannya dalam timbangan amal kebaikanmu di akhirat kelak.

Allah berfirman,"Pada hari ketika tiap tiap jiwa mendapatkan segala hasil perbuatan baiknya berada di hadapannya." (Ali Imran 30).

Amal yang ikhlas laksana mutiara mutiara. Bentuknya kecil, namun mahal nilainya. Orang yang kalbunya senantiasa sibuk bersama Allah lalu ia bisa mwngalahkan hawa nafsu dan ujian yg muncul secara tepat, maka orang tersebut lebih baik daripada mareka yang banyak melakukan salat dan puasa sementara kalbunya sakit, dipenuhi keinginan untuk dikenal dan hasrat mendapatkan kesenangan.

Ada yg berpendapat bahwa perhatian seorang zuhud adalah bagaimana memperbanyak amal, sementara perhatian orang arif (mengenal Allah) adalah bagaimana memperbaiki kondisi jiwa dan mengarahkan kalbu hanya kepada Allah semata." []

#Ibadah #Amal #Ikhlas
BERITA TERKAIT
Ikhlas: Sekecil Apapun Kebaikan Ada Balasannya
Ikhlas, Inti Ajaran Islam
Pemuda Rajin Ibadah Dapat Naungan di Hari Kiamat
Jauhkan Riya dan Berusahalah Ikhlas!
Akmos Theory: The Power of Action
GusMus: Pesona
Semua ini Titipan, Bersikaplah sebagai Peminjam!

kembali ke atas