GAYA HIDUP

Kamis, 02 Mei 2019 | 19:10 WIB

Jangan Boros Hadapi Bulan Ramadan

Mia Umi Kartikawati
Jangan Boros Hadapi Bulan Ramadan
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM,Jakarta - Bulan Ramadan segera tiba. Nah, banyak masyarakat yang justru memiliki pengeluaran lebih ketika menghadapi Bulan Ramadan.

Padahal, menurut Perencana Keuangan, Ligwina Hananto ada hal yang perlu ditahan dan direncanakan ketika menghadapi Bulan Ramadan.

"Memang uang makan siang, dan jajan di kantor tidak terpakai. Tetapi, alokasi untuk belanja masakan berbuka dan sahur jadi lebih besar," kata Ligwina di acara talk show bertajuk Anti Boncos di Bulan Ramadan bersama Hero Grup di Jakarta, Kamis, (02/05/2019).

Masih menurutnya, kenapa banyak Ibu menjerit soal pengeluaran di Bulan Ramadan lebih banyak? Karena, mereka ingin menyuguhkan masakan yang lebih baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara mengalokasikan keuangan saat Bulan Ramadan. Menurut Ligwina, lebih baik menggunakan gaji bulanan untuk pengeluaran di Bulan Ramadan.

"Ketika mendapatkan THR, bisa alokasikan THR untuk perayaan Hari Raya. Jangan, menggunakan tabungan, atau gaji bulanan. Ini untuk menyelamatkan keuangan." tambahnya.

Lantas, bagaimana untuk mereka yang tidak memiliki pendapatan tetap? Anda, bisa merencanakan biaya untuk Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri sebelumnya.

"Perencanaan jauh - jauh hari sebelum datang Ramadan. Ini lebih penting. Agar tidak terjadi kesulitan keuangan," tambahnya.(tka)

#jangan #boros #hadapi #bulan #ramadan
BERITA TERKAIT
Kegiatan Olahraga Menurun Selama Ramadan
Cara Hadapi Stress Setelah Libur Panjang
Ini Cara Atasi Masalah Gizi Anak
Waspada Penyakit Kanker Tulang
Beragam Pemeriksaan untuk Pastikan Kanker Tulang
Tidak Semua Kanker Tulang Harus Diamputasi
Mengenal Beberapa Jenis Kanker Tulang

kembali ke atas