NASIONAL

Minggu, 05 Mei 2019 | 19:25 WIB

Hasil Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Puasa 6 Mei

Hasil Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Puasa 6 Mei
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama mengumumkan hasil sidang isbat untuk menentukan awal puasa. Sidang menyepakati 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

Sidang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019) usai salat magrib. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang memimpin langsung jalannya sidang isbat langsung mengumumkan kepada awak media.

"Sidang Isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Ramadhan tahun 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, hari Senin tanggal 6 Mei 2019," kata Menag Lukman.

Dalam kesempatan itu, Lukman juga menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Sidang Isbat yang digelar secara tertutup dihadiri sejumlah tokoh dan ulama, di antaranya dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar. Selain itu, hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. [adc]

#SidangIsbat #AwalPuasa
BERITA TERKAIT
Jokowi Ajak Seluruh Elemen Rajut Kembali Persatuan
TNI-Polri Tutup Akses Trenggalek Menuju Jakarta
Teriakan Prabowo Presiden Ada di Tengah Kericuhan
Kemenkominfo Batasi Akses WhatsApp dan Medsos
Amien Rais Sambangi Aksi 22 Mei di Bawaslu
Massa Ricuh Lagi di Bawaslu, Ustad Diminta Meredam
Aksi 22 Mei Tak Pengaruhi Kerja KPU

kembali ke atas