EKONOMI

Senin, 06 Mei 2019 | 14:38 WIB

Pantau Harga Kepokmas, Kamil Kelilingi Pasar

Pantau Harga Kepokmas, Kamil Kelilingi Pasar
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terlihat sumringah ketika meninjau pasar dadakan alias sidak di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (5/5/2019).

Dalam sidak kali ini, bertujuan untuk mengecek stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) jelang Ramadan. Usai salat subuh berjamaah di Masjid Al Hikmah, Gang Cipicung 2 Jalan Kiaracondong, Gubernur langsung menuju pasar yang lokasinya relatif tidak jauh.

Kamil ditemani Asisten Daerah II Setda Provinsi Jabar Eddy Nasution, serta beberapa kepala dinas terkait, serta Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. "Barusan juga dengan Wakil Wali kota Bandung Yana Mulyana. Saya di H-1 Ramadan mengecek harga-harga sembako se-Jawa Barat dengan sampling di Pasar Kiaracondong," ujar Kamil dalam rilis kepada media Senin (6/5/2019).

Kamil menyebut, harga kepokmas masih relatif stabil. Adapun kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan dan hanya terjadi pada beberapa komoditas. Bahkan, katanya, beberapa komoditas turun harga, seperti beras kualitas 1- 4 dari sebelumnya berkisar Rp10.000- Rp12.000/kg menjadi Rp9.000-Rp11.000/kg.

Adapun kenaikan harga terpantau pada komoditas telur ayam broiler dari Rp23.000/kg menjadi Rp24.000/kg serta cabai merah tanjung dari Rp35.000/kg menjadi Rp40.000/kg.

Khusus bawang putih, dia menganggap, kenaikan yang terjadi sebagai anomali. Dari pantauannya harga bawang putih mencapai Rp80.000/kg dari harga normal sekitar Rp60.000/kg. Oleh karena itu, Kamil segera berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk melakukan operasi pasar. "Minimal operasi pasar ini bisa membantu meringankan ibu-ibu dengan harga yang lebih murah," katanya. [ipe]

#PemprovJabar #Harga #Pasar
BERITA TERKAIT
Jabar Gerus Kemiskinan dengan Dana Zakat Rp26T
Jumlah Orang Miskin Turun, Ini Jurus Pemprov Jabar
Ribuan Kendaraan Dinas di Cianjur Kemplang Pajak
Dekranasda Ingin Kerajinan Jabar Go Internasional
Juara Ketiga, Kamil Sebut Ekraf Jabar Paling Oke
Musim Kemarau, Cabai Lampung Tembus Rp100.000/Kg
(HUT Ciamis Ke-377) Kamil Ingin Kembali Jadikan Sentra Kelapa Nasional

kembali ke atas