PASAR MODAL

Selasa, 07 Mei 2019 | 13:27 WIB
Highlight

CARS Siapkan Rp46,2 M, Incar Perusahaan Otomotif

M Fadil Djailani
CARS Siapkan Rp46,2 M, Incar Perusahaan Otomotif
(Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) segera mengakuisisi salah satu perusahaan otomotif di luar Pulau Jawa senilai Rp46,28 miliar.

Emiten penjualan mobil dan pembiayaan mobil bekas asal Jawa Tengah menjelasakan rencana tersebut sebagai satu startegi untuk lebih ekspansif sepanjang 2019 dengan sejumlah strategi yang telah disiapkan perseroan.

Wakil Direktur Bintraco Dharma, Benny Redjo mengatakan proses akuisisi saham minoritas atas perusahaan otomotif tersebut tengah berlangsung. Namun dirinya tidak mau menejelaskan lebih detail terkait progres rencana tersebut.

"Sudah-sudah kami mulai (akuisisi), tapi kami tidak mau bicara lebih jauh," kata Benny usai RUPST CARS di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Ketika ditanya kapan realisasi rencana tersebut bakal rampung, lagi-lagi Benyy enggan menjawabanya. "Yah kita tunggu saja, mudah-mudahan lancar," katanya.

Selain melakukan akuisisi, pada tahun ini CARS menyiapkan dana sebesar Rp30 miliar untuk melakukan pengembangan digital pada aplikasi Carsworld yang diluncurkan untuk menggenjot penjualan perseroan.

Benny mengatakan bahwa dana yang disiapkan perseroan pada tahun ini akan digunakan lebih banyak untuk pengembangan aplikasi lunak sarana dan prasarana Carsworld.

Kami belum masuk ke tahap terlalu banyak untuk dana pengembangan ke akuisisi user, nanti tahap berikutnya akan kesana, ungkapnya.

Benny mengatakan bahwa perseroan masih memiliki dana internal yang cukup untuk melakukan seluruh aksi korporasi tersebut. Dia mengatakan bahwa perseroan masih memiliki sisa dana hasil menggelar initial public offering senilai Rp37 miliar dan dana laba ditahan perseroan.

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk atau disingkat Bintraco Dharma Tbk (CARS) didirikan tanggal 01 Juni 1969 dengan nama PT Bintraco Dharma dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1969.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bintraco Dharma Tbk, yaitu: PT Ahabe Niaga Selaras (81,00%) dan PT Superior Coach (9,00%). PT Superior Coach berencana menjual seluruh saham yang dimiliki melalui penawaran terbatas (private placement).

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan CARS adalah bergerak di bidang perdagangan, properti dan jasa. Saat ini kegiatan usaha utama PT Bintraco Dharma dan Entitas Anak (Grup) meliputi bidang Otomotif (memasarkan produk Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melalui jaringan Nasmoco Group. Saat ini terdapat 23 jaringan diler Nasmoco dengan layanan penjualan unit kendaraan, layanan purna jual yaitu jasa bengkel (service) dan penyediaan suku cadang (spare part) yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta).

Bisnis lain bidang Pembiayaan (memberikan jasa pembiayaan kendaraan bermotor, baik untuk konsumen korporasi maupun individual. Pembiayaan PT Bintraco Dharma mulai dioperasikan secara komersial pada tahun 2004. Saat ini grup pembiayaan Perseroan telah memiliki 37 kantor cabang jasa pembiayaan yang tersebar di wilayah Indonesia).
#CARS #IndustriPerdaganganBintracoDharma
BERITA TERKAIT
Bagaimana Sikapi Janji Baru the Fred?
Ini Penjual Makanan Hewan Piaraan Sukses IPO di US
Begini Penjelasan BEI Soal Delisting Saham SIAP
PBSA Tebar Dividen Rp13 Per Lembar Saham
Telkom Raih Lagi Best Company To Work In Asia 2019
Tahun Ini, POLA Ingin Pertumbuhan Aset 50,8%
(Catatan Sepekan IHSG) Pasca Libur Lebaran, Pasar Merespon Positif

kembali ke atas