NASIONAL

Rabu, 08 Mei 2019 | 18:44 WIB

Komnas HAM Periksa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Happy Karundeng
Komnas HAM Periksa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya telah memeriksa Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Irwandi diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pelanggaran HAM berat yang terjadi di Aceh beberapa tahun silam.

"Masih diperiksa sebagai saksi ya, karena sempt salah suratnya ditulis sebagai tersangka, bukan, dia sebagai saksi, jadi dia terperiksa," katanya di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, ada banyak hal yang dikonfirmasi timnya kepada Irwandi. Salah satunya, perihal pengetahuan Irwandi tentang pelanggaran HAM yang terjadi di beberapa wilayah Aceh. Diantatanya tragedi Timang Gajah, Bener Meriah, Aceh Tengah dan wilayah lain yang terjadi pada 2001-2004. .

"Soal pelanggaran HAM berat di Aceh," ujarnya.

Irwandi disinyalir mengetahui banyak soal pelanggaran HAM tersebut. Apalagi, kata dia, Irwandi merupakan salah satu petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Dia juga gubernur, dua kali kan dia (jadi gubernur)," kata Taufan.

Ia menambahkan selama pemeriksaan Irwandi bersikap kooperatif. Dia bahkan membeberkan nama-nama yang terlibat danmenjelaskan peristiwa pelanggaran HAM berat tersebut secara rinci.

Sayangnya, Taufan tak mau mengungkap detail keterangan Irwandi itu. Yang jelas, Irwandi mengetahui banyak ihwal pelanggaran HAM berat di Aceh.

"Ya dia menjelaskan, siapa saja yang berperan, seperti apa peristiwanya. Dia banyak tahu yang terjadi di sana, kita gali saja," pungkasnya. [ton]

#GubernurAceh #IrwandiYusuf
BERITA TERKAIT
Logis Jika Polri Larang Demo Saat Pelantikan
FTA Berhak Gugat TV Berlangganan Tanpa Hak Siar
Kemarau, Siswa di Mojokerto Salat Minta Hujan
Kembalikan Aset, Pemkot Jatim Gandeng KPK
Video KPK Tangkap Bupati Indramayu Supendi
KPK Periksa Eks Menpora Imam Nahrawi
KPK Periksa Sekjen Kementerian KKP

kembali ke atas