MOZAIK

Kamis, 09 Mei 2019 | 14:00 WIB

Hukum Menceraikan Istri Lewat Tulisan

Hukum Menceraikan Istri Lewat Tulisan
(Foto: Istimewa)

SMS dihukumi sebagaimana layaknya surat. Sementara para ulama menegaskan bahwa tulisan semakna dengan ucapan. Mengingat satu kaidah baku, Tulisan statusnya sama dengan ucapan. Karena itulah para ulama sepakat bahwa talak dengan tulisan hukumnya sah. Sebagaimana dinyatakan dalam Ensiklopedi Fikih:

Ulama sepakat, talak dengan tulisan hukumnya sah. Karena tulisan terdiri dari banyak huruf yang bisa dipahami maknanya sebagai talak. Sehingga nilainya sama dengan ucapan. Disamping itu, tulisan mewakili ucapan orang yang menulis. Dengan dalil, Nabi shallallahu alaihi wa sallam diperintahkan untuk menyebarkan risalah. Dan itu terkadang beliau sampaikan dengan ucapan dan terkadang dengan tulisan surat (al-Mausuah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, 12:216).

Mengingat SMS statusnya sama dengan surat, maka talak melalui SMS dihukumi sama dengan talak melalui surat. Artinya statusnya sah, dan berlaku hukum talak. Syaikh Abdurrahman al-Barrak pernah ditanya tentang keabsahan talak melalui sms, jawaban beliau, "Alhamdulillah, ya sah. Talak semacam ini sah. Karena SMS termasuk cara menyampaikan talak. Allahu alam." (Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/35103)

Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

BERITA TERKAIT
Bersyukurlah seperti Pengemis Ini?
Untuk yang Bersedih, Berkabung dan Menderita
Pilih Kata, Intonasi dan Bahasa Tubuh yang Baik
Syair Gusmus: Ibu Pertiwi
Jika Selesai Salat Fardu, Berdoalah!
Manfaat Berdoa dengan Lirih dan Lemah Lembut
Dua Makna Tersembunyi dari Doa Bisa Menolak Takdir

kembali ke atas