NASIONAL

Jumat, 10 Mei 2019 | 18:23 WIB

Hanura Jember Laporkan KPU ke DKPP

Hanura Jember Laporkan KPU ke DKPP
(inilahcom)

INILAHCOM, Jember - Kekecewaan Dewan Pimpinan Cabang Partai Hanura Kabupaten Jember, Jawa Timur, terhadap kinerja Komisi Pemilihan Umum diitumpahkan dengan cara melaporkan lembaga itu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Wakil Ketua Bidang Advokasi Hukum dan HAM DPC Hanura Jember Hadi Eko Yuchdi Yuchendi menilai komisioner KPU setempat telah memaksakan kehendak, dengan menetapkan hasil pemilu DPRD tingkat kabupaten di Daerah Pemilihan II. "Komisioner KPU memaksakan kehendak tidak mengindahkan saran dari Bawaslu," katanya.

Badan Pengawas Pemilu memberikan rekomendasi agar rekapitulasi penghitungan suara Daerah Pemilihan II ditunda sementara, untuk memberikan kesempatan kepada KPU Jember berkoordinasi dengan KPU Jawa Timur maupun KPU RI. Rekomendasi diterbitkan setelah Bawaslu mendapat laporan dari Hanura dan salah satu pemantau pemilu tentang adanya kesalahan surat suara untuk pemilihan caleg DPRD Jember di Dapil II.

Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Dalam surat suara justru tercantum nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Saksi dari Hanura sempat memprotes dan menghendaki penundaan rekapitulasi penghitungan suara Dapil II pada rapat pleno di Hotel Aston, Rabu (1/5/2019) malam.

Namun saat itu, rekapitulasi tetap berlanjut. Saksi dari Hanura pun mengajukan keberatan resmi dan memboikot rekapitulasi tersebut. Hasil rekapitulasi pun ditetapkan pada 2 Mei 2019.

"Keberatan kami sudah diterima Bawaslu," kata Eko.

Gugatan ke DKPP akan dilakukan sewaktu-waktu. "Kami melaporkan tindakan semena-mena komisioner, soal etik," kata Eko.

Pelaporan tidak hanya dilakukan terhadap komisioner KPU Jember, tapi juga KPU RI. [beritajatim]

#Hanura #KPU
BERITA TERKAIT
Pilbup 2020, Bawaslu Trenggalek Anggarkan Rp15 M
Bawaslu Tak Temukan Unsur Pidana Jual Beli Suara
2 Kadiv Dicopot DKPP, KPU: Sedang Kita Kaji
KPU Diingatkan Tidak Ubah Hasil Pileg di Jatim
DKPP Berhentikan Anggota Komisioner Ilham Saputra
Rekonsiliasi & Kepulangan HRS, Golkar Bicara Hukum
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia

kembali ke atas