TEKNOLOGI

Sabtu, 11 Mei 2019 | 20:30 WIB
(Di Bulan Ramadhan)

Warganet Habiskan Rp1,2 Juta untuk Belanja Online

Warganet Habiskan Rp1,2 Juta untuk Belanja Online
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Riset dari agregator e-commerce ShopBack menunjukkan rata-rata warganet menghabiskan Rp1,2 juta untuk berbelanja online selama bulan Ramadhan, berdasarkan data ShopBack dari Ramadhan tahun lalu.

"Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditunjukkan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta, meningkat 74 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Yolanda Margaretha, Kepala Pengembangan Bisnis ShopBack Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Shopback melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar, lebih dari separuh responden (53,5 persen) akan mengalokasikan seperempat bonus Tunjangan Hari Raya mereka untuk belanja online.

ShopBack melihat warganet bijak mengalokasikan THR mereka untuk berbelanja online sejak 2017. Responden yang menghabiskan hanya seperempat dari THR untuk berbelanja online naik menjadi 53,5 persen dari 38 persen pada 2017.

Promosi diskon dan cashback menjadi faktor utama responden mau belanja online saat Ramadhan, persentasenya mencapai 79,4 persen. Sementara, yang lainnya mempertimbangkan harga murah (8,4 persen) dan efisiensi (4,5 persen).

ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan 2019 tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan 2018.

Namun, mereka optimistis jumlah pemesanan dan nilai transaksi di platform mereka dapat naik hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

#puasa2019 #ramadan2019 #onlineshopping
BERITA TERKAIT
(Spesial bagi Para Anggota Klub) Daihatsu Gelar Cuci Gudang Parts dan Oli
Kapan Huawei Akan Rilis Ponsel dengan HarmonyOS?
Australia Akan Blokir Situs Saat Serangan Teror
(Gelar Stand Up Battle Indonesia 2019) MAXstream-HOOQ-Singtel Jaring Bibit Komika Baru
Paruh Pertama 2019 Xiaomi Kirim 60 Juta Smartphone
Permudah Pencarian Film, Netflix Uji 'Collection'
Vivo Rilis Smartphone Gaming Terbaru iQoo Pro

kembali ke atas