DUNIA

Minggu, 12 Mei 2019 | 11:37 WIB

Wabah HIV Serang Balita di Pakistan

Wabah HIV Serang Balita di Pakistan
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Islamabad--Para pejabat di Pakistan dan PBB sedang menyelidiki penyebab wabah baru infeksi HIV yang menyerang 400 orang di Larkana, sebuah distrik di Provinsi Sind. Dari 400 orang yang diserang itu, 80 persen kasus baru itu menyerang anak-anak dan separuh diantaranya adalah balita.

VOA hari Minggu (12/5/2019) mengutip laporan sejumlah media lokal menyebutkan bahwa Larkana telah mengalami tiga wabah dalam beberapa tahun belakangan. Dilaporkan, penyebabnya adalah seorang dokter setempat yang merawat beberapa pasien dengan satu jarum suntik saja, sehingga menyebarkan virus penyebab AIDS tersebut.

Pemda segera mengirim beberapa tim petugas kesehatan masyarakat ke distrik yang berpenduduk sekitar 1,4 juta orang itu, untuk meninjau situasi dan memobilisasi sumber daya untuk mencegah penyebaran HIV lebih jauh. Sejak itu, lebih dari 9.000 orang diperiksa massal di distrik itu dan prosesnya masih terus berlanjut, kata Sikandar Memon, kepala provinsi Program Kontrol AIDS kepada para wartawan.

Seorang juru bicara UNAIDS mengatakan kepada VOA bahwa mitra-mitra internasional telah bergabung dengan tim-tim lokal untuk membantu melakukan penyelidikan atas wabah itu dan merespon kebutuhan mendesak para pengidap HIV, termasuk memberikan pengobatan, perawatan dan konseling. [voa/lat]

#Wabah #HIV #Pakistan
BERITA TERKAIT
Mantan Presiden Pakistan Zardari Ditahan
Militer Myanmar Blokir Internet
AS Minta Dukungan PBB Kecam Iran
Sanksi Baru AS ke Ayatollah Khamenei
Dalang Kudeta di Ethiopia Dibunuh
Taliban Ancam Media Bisa Jadi Sasaran Militer
Wartawan Hadapi Ancaman Mati di Rakhine, Myanmar

kembali ke atas