EKONOMI

Senin, 13 Mei 2019 | 04:09 WIB

Negara Nunggak Subsidi Pupuk Rp2 T ke Pupuk Kujang

Negara Nunggak Subsidi Pupuk Rp2 T ke Pupuk Kujang
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Karawang - Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Nugraha Budi Eka Irianto menyampaikan, utang pemerintah dari penyaluran pupuk bersubsidi ke anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) itu, mencapai Rp2 triliun.

"Piutang ini angkanya kisaran Rp1,8 - Rp2 triliun," kata Nugraha di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019).

Meski diakui utang tersebut cukup besar, Nugraha bilang, tidak mengganggu aktivitas produksi PT Pupuk Kujang, sebab pihaknya menyiasati dengan mencari dana pinjaman ke perbankan. "Karena memang ada pembayarannya rutin. (Jadi tidak mengganggu perusahaan). Kecuali (pembayarannya) tersendat, maka itu akan mengganggu perusahaan," kata Nugraha.

Nugraha menyampaikan, pihak perusahaan terpaksa melakukan pinjaman kepada pihak perbankan agar aktivitas perusahaan tidak terganggu. Hal tersebut juga dilakukan karena saat ini harga bahan baku gas bumi yang cukup mahal.

Sementara itu, stok Pupuk PT Kujang untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Jawa Barat dan Banten cukup aman, mencapai 69.664 ton, atau 260% dari ketentuan sebesar 26.226 ton.

Untuk NPK, stoknya mencapai 45.447 ton atau hampir lebih dari 10 kali lipat dari ketentuan sebesar 3.633 ton. Sedangkan pupuk organik, stoknya mencapai 8.173 ton, atau 161% dari ketentuan sebesar 5.071 ton. [tar]

#PupukIndonesia #SubsidiPupuk #Utang #PupukKujang
BERITA TERKAIT
(Biosolar Subsidi Dihapus) Hari Maritim,Sopir Truk Logistik Mogok di Makassar
Sri Mulyani Akan Buat Aturan Pajak untuk Fintech
(Hari Maritim Nasional) Tol Laut Belum Oke, Menko Luhut Ngaku tak Puas
Paruh Pertama 2019, Laba Bersih PLN Rp7,35 Triliun
Inovasi 'Satu Klik' Dukung Ekspor Pertanian Sumut
Buka Lahan, Petani Riau Kembangkan Hortikultura
Sinergi Citilink dan GMF Perkuat SDM Indonesia

kembali ke atas