TEKNOLOGI

Senin, 13 Mei 2019 | 16:30 WIB

Wow, Apple Akuisisi Perusahaan Baru Tiap 2 Minggu

Wow, Apple Akuisisi Perusahaan Baru Tiap 2 Minggu
(Foto: ist)

INILAHCOM, San Francisco - Baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook mengungkap sebuah hal menarik. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan bahwa Apple telah mengakuisisi antara 20 hingga 25 perusahaan dalam enam bulan terakhir.

Dalam jangka waktu itu, menurut Cook, Apple sudah selesai berinvestasi di beragam inisiatif seperti proyek pembangunan kompleks kantor barunya di Austin, Texas, AS, dan mengalihkan dana belanjanya untuk hal lain.

"Kalau punya sisa uang, kami melihat apa lagi yang bisa dilakukan. Kami akan coba mendapatkan hal yang sejalan dan punya nilai strategis untuk perusahaan. Jadi, kalau dirata-rata, kami mengakuisisi perusahan baru setiap dua atau tiga minggu," ujar Cook seperti dilansir CNBC.

Gaya akuisisi Apple yang terbilang agresif tak lain dimungkinkan oleh banyaknya uang yang dimiliki oleh perusahaan teknologi AS yang bermarkas di Cupertino, California ini.

Dalam laporan keuangan terbaru yang dirilis akhir April lalu, Apple tercatat memiliki uang kas senilai US$225,4 miliar atau lebih dari Rp3.200 triliun.

Perusahaan yang dibeli oleh Apple bergerak di berbagai macam bidang, mulai dari pengembangan kecerdasan buatan (AI), musik hiburan, machine learning, hingga pemasaran digital.

Cook menyebutkan perusahaan-perusahaan ini skalanya kecil sehingga pembelian mereka oleh Apple tidak diumumkan ke publik. Apple pun lebih tertarik mendapatkan tenaga kerja dan properti intelektual milik perusahaan yang mereka akuisisi.

Namun, ada kalanya perusahaan yang diakuisisi cukup besar sehingga namanya mencuat ke permukaan. Misalnya layanan langganan majalah digital Texture yang dibeli pada 2018 dan menjadi cikal bakal Apple News.

Lalu ada pula akuisisi Beats senilai US$3 miliar pada 2014 yang kemudian berubah menjadi layanan streaming lagu Apple Music. Hingga kini, Apple juga tetap menjual perangkat-perangkat headphone dan wearable bermerek Beats.

#Apple #akuisisi
BERITA TERKAIT
Inilah Sejumlah Fitur Tersembunyi di iOS 13
Masalah Baterai, Apple Tarik MacBook Pro Lama
Apple Pertimbangkan Pindahkan Produksi dari China
Analis: iPhone 5G Bakal Meluncur Tahun Depan
Apple Siapkan 7 MacBook Baru
Foxconn Siapkan Pabrik iPhone di Luar China
Apple Luncurkan Layanan iCloud untuk Windows

kembali ke atas