EKONOMI

Senin, 13 Mei 2019 | 17:50 WIB

Freeport Bakal Ajukan Penambahan Kuota Ekspor

Indra Hendriana
Freeport Bakal Ajukan Penambahan Kuota Ekspor
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini, PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport) masih mempunyai stok di open pit yang bisa digunakan. Ke depan perusahaan ini bakal mengajukan penambahan kuota ekspor.

"Ada rencana mengajukan kuota ekspor, tapi belum tau berapa besarnya dan belum tau kapan," kata Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama baru-baru ini dikutip, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Tapi, dia belum tahu berapa jumlah pasti penambahannya. Tambahan kuota ekspor kata dia, saat ini baru dihitung oleh perusahaan.

Besaran hitungan itu, kata dia, selain dipengaruhistok yang ada perusahaan juga masih menunggu minat pasar ekspor. Kalau yang minat atau standby buyer sih pasti ada. Tapi kan makanya besarannya berapa tetap perlu kami hitung," ujar dia.

Tahun ini, PTFI mendapatkan jatah produksi 1,2 juta ton konsentrat. Satu juta produksi tersebut digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi kapasitas smleter dalam negeri. Sedangkan sisanya diekspor.

Untuk pasar ekspor sendiri, kata Riza saat ini perusahaan masih mengandalkan pasar konvensional seperti China, Jepang dan Korea Selatan. Konsentrat yang diekspor oleh perusahaan memang menjadi salah satu pasokan konsentrat terbesar bagi negara negara industri tersebut. "Mereka kan punya smelter juga kan. China, Jepang, India, Korea. Itu pasar pasar ekspor nya," ujar Riza. [ipe]

#Freeport #Ekspor #KESDM
BERITA TERKAIT
Sambangi Prancis, Darmin Jajakan Kopi Indonesia
(Dampak Perang Tarid) DPR Desak Pemerintah Abaikan Pasar China
KESDM: Harga Biodiesel Turun dan Bioetanol Naik
PT Freeport Ajukan Penambahan Kuota Ekspor
Freeport Cari Pinjaman untuk Bangun Smelter
(Serap 90% Tekaner) Darmin: UMKM Ternyata Gerakkan 99% Usaha Nasional
PDB 2019 Bisa 5,3%, Indef: Mimpi..!

kembali ke atas