DUNIA

Selasa, 14 Mei 2019 | 06:41 WIB

IMF Suntik Dana Talangan US$6 M ke Pakistan

IMF Suntik Dana Talangan US$6 M ke Pakistan
Utusan IMF Ernesto Ramirez Rigo (kiri) dalam pertemuan dengan penasihat ekonomi PM Pakistan. (Foto: voa)

INILAHCOM, Islamabad--Dana Moneter Internasional (IMF)telah menyepakati perjanjian awal dengan Pakistan mengenai dana talangan sebesar US$6 miliar dalam tiga tahun ke depan untuk membiayai reformasi ekonomi.

Pakistan dan IMF menyepakati "perjanjian tingkat pegawai" yang masih memerlukan persetujuan dari manajemen dan dewan eksekutif IMF, kata utusan IMF Ernesto Ramirez Rigo, seperti dilaporkan AP, yang dikutip dari VOA, Selasa (14/5/2019).

Dia mengatakan program IMF itu bertujuan untuk mendukung strategi Pakistan untuk mencapai "pertumbuhan yang lebih kuat dan lebih seimbang dengan mengurangi ketidaksimbangan domestik dan eksternal, memperbaiki lingkungan bisnis, memperkuat institusi, meningkatkan transparansi, dan melindungi pembelanjaan sosial."

Pakistan sebelumnya mengajukan dana talangan US8 miliar untuk mengatasi krisis keuangan jangka panjang dan telah mengadakan perundingan dengan IMF selama berbulan-bulan.

AS, yang punya pengaruh besar IMF, telah mengatakan organisasi itu sebaiknya tidak membiayai pinjaman puluhan miliar dolar yang didapat Pakistan dari China sebagai bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan Beijing di seluruh dunia.

Belum jelas apakah AS akan mendukung perjanjian itu. Pihak berwenang Pakistan mengatakan mereka telah menghubungi Washington dan meminta dukungannya. [voa/lat]

#imf #pakistan
BERITA TERKAIT
ISIS Klaim Dirikan "Provinsi ISIS" di Pakistan
Wabah HIV Serang Balita di Pakistan
Kelompok Bersenjata Serang Hotel di Pakistan
Ledakan Hebat di Luar Masjid Kaum Sufi Pakistan
Industri Sepatu AS Protes Trump
Brexit, May Tawarkan Referendum Kedua
(Krisis Ekonomi dan Politik) 3,7 Juta Orang Tinggalkan Veneuela

kembali ke atas