NASIONAL

Selasa, 14 Mei 2019 | 16:11 WIB

Polisi Ancam Jemput Paksa Ustaz Bachtiar Nasir

Muhammad Yusuf Agam
Polisi Ancam Jemput Paksa Ustaz Bachtiar Nasir
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Bareskrim Polri akan menjemput paksa Ustaz Bachtiar Nasir karena sudah mangkir dalam panggilan untuk ketiga kalinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dana Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS).

"Iya jadi hari ini dari penyidik menerima informasi dari pengacaranya yang bersangkutan tidak bisa karena ada kegiatan di luar negeri. Oleh karenanya penyidik menyampaikan kepada saya bahwa sesuai dengan Pasal 112 KUHP, maka penyidik punya kewenangan untuk melakukan upaya penjemputan paksa kemudian nanti dibawa ke Bareskrim baru dimintai keterangannya sebagai tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Dedi mengatakan dari informasi pengacara Bachtiar Nasir, yang bersangkutan masih berada di Arab Saudi. Begitu tiba di Indonesia, Polisi akan melakukan upaya paksa menggiring Bachtiar Nasir ke kantor Baresrkim Polri.

"Ya nanti penyidik akan berkoordinasi juga dengan stakeholder terkait, apabila kita sudah mendapatkan informasi bila yang bersangkutan sudah hadir di Indonesia maka sesuai dengan kewenangan penyidik maka penyidik akan melakukan penjemputan paksa," jelas Dedi.

Pengacara Bachtiar sebelumnya menyebut kliennya berada di Arab Saudi untuk memenuhi undangan dari Liga Muslim Dunia. Dedi menyebut sebenarnya penyidik sudah memohon pencegahan ke luar negeri untuk Bachtiar tetapi Bachtiar sudah lebih dulu terbang ke Arab Saudi.

"Yang bersangkutan sudah ke Arab duluan," kata Dedi.

Bachtiar Nasir ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dana YKUS. Polisi menyebut adanya aliran dana yang diselewengkan ke Turki. Aliran dana ini yang dikumpulkan di rekening YKUS untuk aksi damai 212 dan 411 tahun 2016 lalu.

Bachtiar Nasir sedianya diperiksa hari ini dalam pemanggilan ketiganya pada pukul 10.00 Wib. Namun, pengacara Bachtiar, Aziz Yanuar mengatakan kliennya tak bisa memenuhi panggilan tersebut lantaran ada kegiatan lain di Arab Saudi.

"Hari ini pemanggilannya. (Ngga bisa hadir), lagi ada undangan di Saudi arabia dari Liga Muslim Dunia," kata Pengacara Bachtiar Nasir, Aziz Yanuar saat dihubungi wartawan. [ton]

#Aksi212 #BachtiarNasir
BERITA TERKAIT
Tersangka Kebakaran Pabrik Korek Dibekuk di Medan
BW: Gugatan Kami bukan Soal Menang dan Kalah
Dilarang Aksi 28 Juni di MK, PA 212 Jamin Tertib
Kemendagri Kaji Berkas Izin Perpanjangan FPI
Polri Larang Aksi 28 Juni di MK, Ini Alasannya
PA 212: 100 Ribu Orang Ikut Aksi 28 Juni di MK
PA 212 akan Gelar Aksi 28 Juni

kembali ke atas