MOZAIK

Rabu, 15 Mei 2019 | 00:06 WIB

Penentu Harga Sesuatu

KH Ahmad Imam Mawardi
Penentu Harga Sesuatu
(Ilustrasi)

SEGALA sesuatu itu sesungguhnya memiliki harga. Besaran harga sesuatu pada dasarnya ditentukan oleh kualitas sesuatu itu atau nilai sesuatu itu. Saya sebut dengan kata "pada dasarnya" karena dalam faktanya ada juga barang berkualitas yang jatuh harga karena peminatnya tidaklah banyak. Maka masuklah teori demand and suply, permintaan dan persediaan, yang terkenal dalam teori pasar itu.

Semakin banyak diburu dan dicari sesuatu, semakin naik harga sesuatu itu. Banyaknya orang yang berminat dan mencari menjadi indikator nyata nilai atau kualitas sesuatu itu. Sesuatu yang seperti itu berarti dibutuhkan banyak orang. Harganya terus meninggi.

Bagaimanakah dengan harga diri kita dalam masyarakat kita? Perhatikan kualitas diri kita. Allah berfirman bahwa yang paling mulia dan berharga adalah manusia yang paling bertakwa. Termasukkah kita pada golongan orang bertakwa? Aktifitas sosial dan keagamaan seperti apakah yang telah kita lakukan?

Apakah kita termasuk orang yang dibutuhkan banyak orang? Apakah yang dicari oleh orang lain pada diri kita? Mudahkah kita membantu orang lain? Adakah pada diri kita ilmu yang dibutuhkan banyak orang? Ataukah ada karunia lain yang diharapkan oleh orang lain dari kita?

Kalau kita tak bertakwa dan tak ada nilai positif yang bisa diberikan kepada orang lain, maka sungguh kematian adalah lebih baik bagi kita. Lalu bagaimanakah dengan jika kita menjadi parasit bagi kehidupan orang lain? Selalu merugikan orang lain? Ah, semoga tidak. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Indahnya Islam, Hal Kecil yang Berfaidah Besar
Generalist Vs Specialist: Mana Paling Dibutuhkan?
Menata Hati untuk Menjadi Manusia Penuh Ridho
Allah yang Tahu dan Kita Tidak Tahu
Akmos Theory: The Power of Action
Apakah Kita Sudah Masuk Golongan Tua?
Menuju Mulia Bahagia Hakiki

kembali ke atas