EKONOMI

Rabu, 15 Mei 2019 | 10:00 WIB

Begini Cara Pertamina Jaga Stok LPG 3Kg di Desa

Indra Hendriana
Begini Cara Pertamina Jaga Stok LPG 3Kg di Desa
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan membuat program satu desa satu outlet penjualan LPG. Cara ini ditempuh untuk meminimalisir terjadinya kelangkaan pasokan LPG.

Demikian disampaikan Direktur Marketing Retail PT Pertamina, Mas'ud Khamid. Kata dia, outlet akan menjual LPG sesuai dengan kebutuhan dan jumlah KK dari desa tersebut. "Jadi kami itu ada konsep, satu desa itu harus ada satu outlet," ujar Mas'ud di DPR RI, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Mas'ud menjelaskan hal ini dilakukan selain untuk mengantisipasi kelangkaan LPG juga untuk bisa meratakan distribusi sehingga semua desa mendapatkan suplai yang cukup.

"Dan supaya tidak ada dominasi Kalau mendominasi kan kalau dia gak jualan, ada yang kolaps,. nah ini biar pemerataan distribusi. Secara volume sih gak nambah," ujar dia.

Ia menjelaskan sebenarnya selama ini jumlah outlet atau pangkalan LPG yang ada jumlahnya 165 ribu pangkalan. Hanya saja, pangkalan ini tidak menyebar secara merata sehingga kerap terjadi keluhan di satu desa tidak ada LPG tiga kilogram, sedangkan di desa sebelah berlimpah.

"Ya itu masalahnya, ada satu desa ada lima pangkalan. Tapi ada juga satu desa gak punya pangkalan elpiji. 165 ribu itu, tapi gak rata. Makanya kan itu lagi diberesin," ujar dia.

Ia juga menjelaskan para pangkalan ini juga diimbau untuk tidak hanya menjual LPG tiga kilogram saja. Tetapi juga menjual LPG yang non subsidi. Harapannya, masyarakat juga bisa beralih dari penggunaan elpiji subsidi ke LPG reguler.

"Kami juga minta buat mereka jual juga yang non subsidi kan. Jadi kedepan, setiap pengajuan 3 kg, kita tawarkan juga yang non 3 kg, jadi non PSO, ada di mana mana," kata dia. [ipe]

#Pertamina #LPG #Kelangkaan
BERITA TERKAIT
Pipa Pertamina Terbakar, Bagaimana BBM di Bandung?
Proyek KA Cepat Penyebab Kebakaran Pipa Pertamina
Pertamina Power Indonesia Ambil Proyek Bergengsi
UMKM Binaan Pertamina Raup Rp7 M dari TEI 2019
Sinergi PHM dan Elnusa Garap Cementing Sumur Rawa
BBM Satu Harga Tuntas di Intim, Pertamina Emang Ok
PEPC Jalankan Tajak Sumur JTB Bojonegoro

kembali ke atas