GAYA HIDUP

Rabu, 15 Mei 2019 | 14:55 WIB

Ini Pencegahan Penyakit Mongkeypox

Mia Umi Kartikawati
Ini Pencegahan Penyakit Mongkeypox
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Anung Sugihantono, MKes menyatakan, Monkeypox dapat dicegah.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan dengan sabun. Kemudian, menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata dan membatasi pajanan langsung dengan darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik.

"Menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau material yang terkontaminasi. Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengkonsumsi daging yang diburu dari hewan liar (bush meat)," kata Anung seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (15/05/2019).

Pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah terjangkit Monkeypox agar segera memeriksakan dirinya jika mengalami gejala-gejala demam tinggi yang mendadak, pembesaran kelenjar getah bening dan ruam kulit, dalam waktu kurang dari 3 minggu.

"Setelah kepulangan, serta menginformasikan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanannya," tambahnya.

Kepada petugas kesehatan, Dirjen Anung mengingatkan agar menggunakan alat pelindung, minimal sarung tangan dan masker saat menangani pasien atau binatang yang sakit.(tka)

#pencegahan #penyakit #mongkeypox
BERITA TERKAIT
Kemenpar Dorong Homestay dan Desa Wisata di Sumut
Yuk, Persiapkan Menyusui untuk Ibu Hamil
Jakarta Fair Kemayoran 2019 Banjir Hadiah
Perhelatan Miss Jakarta Fair Masuk Semi Final
Waktu yang Dibutuhkan untuk Turunkan Berat Badan
(Orang Indonesia Makan Lebih Banyak) Kurang Olahraga dan Berat Badan Bertambah
Ada 66 Persen Orang Indonesia Makan Tidak Sehat

kembali ke atas