PASAR MODAL

Rabu, 15 Mei 2019 | 18:01 WIB

Bursa Saham Eropa Memerah

Wahid Ma'ruf
Bursa Saham Eropa Memerah
(Foto: ist)

INILAHCOMl London - Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Rabu (15/5/2019) karena pasar mencoba untuk rebound dari aksi jual Senin akibat pengumuman tarif pembalasan China atas impor AS.

ndeks acuan Eropa, STOXX 600 turun 0,32% di perdagangan pagi hari. Saham konstruksi dan material naik 0,4% lebih tinggi, sementara autos tergelincir 1,7%. Indeks FTSE turun 0,05%, indeks DAX melemah 0,4% dan indeks CAC berkurang 0,4% seperti mengutip cnbc.com.

Sesi baru-baru ini menyaksikan reli pemulihan di semua pasar utama setelah aksi jual Senin di belakang tarif kenaikan China atas barang-barang AS senilai US$60 miliar dalam eskalasi perang perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia. Namun, pasar Eropa berjuang untuk mempertahankan momentum hari Selasa selama sesi pagi.

Namun, para ahli strategi telah mendesak kehati-hatian ketika ketegangan meningkat, dengan Federal Reserve Bank di New York mengukur probabilitas resesi selama 12 bulan ke depan sekarang di 27,5%, tertinggi sejak krisis keuangan.

Di Amerika Serikat, para investor akan terus memantau perundingan yang sedang berlangsung setelah Presiden Donald Trump melunakkan nadanya pada perang perdagangan Selasa, menyebutnya sebagai "pertengkaran kecil" dan bersikeras perundingan belum runtuh.

Kembali ke Eropa, pemerintah Inggris mengumumkan bahwa Perdana Menteri, Theresa May akan membawa kesepakatan Brexitnya kembali ke Parlemen pada minggu 3 Juni, ketika pembicaraan dengan oposisi utama Partai Buruh berlanjut meskipun tampaknya tidak ada kemajuan.

Sementara itu, dalam sebagian besar berita perusahaan, laporan Selasa menyarankan bank Italia UniCredit telah meningkatkan persiapan untuk menawar Commerzbank, hanya beberapa minggu setelah pembicaraan kesepakatan dengan pelamar sebelumnya, Deutsche Bank gagal. Saham Commerzbank diperdagangkan 1,9% lebih rendah pada Rabu pagi.

Bank Belanda ABN Amro melaporkan penurunan 20% laba bersih kuartal pertama menjadi 478 juta euro ($ 536 juta). Sahamnya tergelincir 1,8% selama perdagangan pagi.

Credit Agricole juga mencatat penurunan laba bersih kuartal pertama dengan penurunan 11% menjadi 763 juta euro, sahamnya turun 2,6% pada pertengahan pagi.

Saham pemberi pinjaman Inggris, CYBG, naik 4,3% selama sesi setelah berayun ke laba semester pertama, sementara pemain terburuk awal adalah perusahaan internet Jerman United Internet, yang turun 6,3% setelah hasil kuartal pertama.

Pemasok gas dan listrik, E.On turun 5,4% setelah Goldman Sachs menurunkan peringkat saham dari "beli" menjadi "netral."

Jerman mengumumkan kembalinya pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama Rabu, Menteri Ekonomi pembangunan Peter Altmaier mengatakan kepada Reuters adalah "sinar harapan pertama" setelah dua kuartal tanpa ekspansi.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Pertemuan G-7 Tanpa Kesepakatan
Bursa Saham AS Berpotensi Positif
Bursa Saham Asia Berakhir Variatif
IHSG Perkecil Pelemahan ke 6.239,24
AS Lebih Rugi Bila Perang Dagang dengan Eropa
IHSG Sesi I Tergerus 0,5% ke 6.221,708
Trump Tegaskan Perang Dagang Seharusnya Sejak Lama

kembali ke atas