NASIONAL

Rabu, 15 Mei 2019 | 23:57 WIB

MK Ingatkan Semua Pihak Ikuti Konstitusi

Ahmad Farhan Faris
MK Ingatkan Semua Pihak Ikuti Konstitusi
Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman mengingatkan semua pihak untuk mengikuti aturan hukum yang telah ditentukan dalam menyikapi persengketaan hasil penghitungan suara pemilu presiden 2019.

Kalau MK kan pasif. Yang jelas, semua kita harus mengikuti konstitusi, hukum yang berlaku, kata Anwar di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Menurut dia, Mahkamah Konstitusi sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui iklan media massa mengenai tugas dan wewenangnya dalam menangani suatu perkara pemilu.

Kebetulan MK sudah membuat iklan layanan masyarakat mengenai bahwa MK berwenang mengadili sengketa hasil pemilu. Itu saja salah satu imbauan di iklan layanan masyarakat, ujarnya.

Oleh karena itu, Anwar tidak mau mengomentari pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengenai kubu 02 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak mau mengajukan gugatan ke MK.

Sebab, Fadli menganggap Mahkamah Konstitusi tidak serius memoroses gugatan sengketa pemilu yang diajukan Prabowo pada pemilu presiden 2014. Namun, Anwar tetap tak mau berkomentar.

Saya tidak boleh mengomentari lagi sebuah putusan yang sudah dijatuhkan. Sebuah putusan itu pasti pro dan kontra akan ada. Sampai kapan pun seorang hakim atau pengadilan dalam menjalankan putusan tidak mungkin memuaskan semua pihak, pro kontra akan ada, tandasnya.

#MK #Ingatkan #Ikuti #Konstitusi
BERITA TERKAIT
Polri: Pelaku Dipermalukan Novel di Kasus Korupsi
Tanam Ganja di Pot, Marsel Diamankan Polisi
Polri Bentuk Tim Teknis untuk Ungkap Kasus Novel
Perkosa Gadis, Remaja Ini Minta Temannya Merekam
Suhu Udara di Lembang 13 Derajat Celsius
(Jokowi Bertemu Prabowo) Pertemuan Jokowi di MRT Jadi Gaya Diplomasi Budaya
Polri Diminta Tindaklanjuti Rekomendasi TPF Novel

kembali ke atas