DUNIA

Kamis, 16 Mei 2019 | 09:19 WIB

ISIS Klaim Dirikan "Provinsi ISIS" di Pakistan

ISIS Klaim Dirikan "Provinsi ISIS" di Pakistan
Militan ISIS setelah ditangkap dalam operasi pasukan Afghanistan di Kabul. (Foto: voa)

INILAHCOM, Jakarta--ISIS mengatakan, telah mendirikan "provinsi" di Pakistan, hanya beberapa hari setelah kelompok militan ini memakai nama "Provinsi Hind" dalam serangannya di Kashmir--wilayah sengketa yang dikuasai India.

Kedua wilayah itu sebelumnya berada di bawah "Provinsi Khorasan" atau ISKP--nama yang digunakan kelompok ini yang berbasis di Timur Tengah untuk operasi regionalnya yang diluncurkan pada awal 2015 dari pangkalan di perbatasan Afghanistan, menurut SITE Intelligence Group.

Dalam pengumuman resmi komunike yang dikeluarkan melalui corong propaganda globalnya, kantor berita Amaq, seperti dikutip dari VOA, Kamis (16/5/2019), "Provinsi ISIS Pakistan" mendapat pujian karena membunuh seorang perwira polisi Pakistan minggu ini di Mastung. Mereka juga melakukan penembakan pada pertemuan militan yang berhubungan dengan kelompok militan Taliban Pakistan yang dilarang di Quetta.

Kedua distrik tersebut terletak di Provinsi Baluchistan yang dilanda kekerasan, berbatasan dengan Afghanistan dan Iran. Beberapa kelompok Baluch dan organisasi sektarian separatis juga aktif di provinsi tersebut.

Belum ada reaksi langsung dari pemerintah Pakistan. [voa/lat]

#ISIS #provinsi #Pakistan
BERITA TERKAIT
Sehari Najib Razak Belanja Rp 11 Miliar
Kabinet Baru Thailand Dilantik, Militer Tetap Kuat
Hamas Bantah Ingin Bantai Yahudi di Dunia
Ratu Penipu Hollywood Kirim Korban ke Jakarta
Polisi Italia Gerebek Kelompok Neo-Nazi
Ditemukan Lagi Kuburan Massal di Suriah
Gedung Putih Blokir Suaka bagi Migran

kembali ke atas