PASAR MODAL

Kamis, 16 Mei 2019 | 15:27 WIB

BEI Masih Kaji Perdagangan Saham Papan Akselerasi

M Fadil Djailani
BEI Masih Kaji Perdagangan Saham Papan Akselerasi
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku telah merampungkan peraturan pencatatan saham emiten pada papan terbaru, yakni papan akselerasi.

Tapi, peraturan tersebut belum diberlakukan karena tengah mengkaji peraturan perdagangannya. Pasalnya, karakteristik emiten papan akselerasi ditenggarai akan mengalami pertumbuhan signifikan setelah menjadi perusahaan tercatat.

Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna Setia di Jakarta, Kamis (16/5/2019). Kalau perusahaan di papan pengembangan dan utama kan relatif sudah stabil bisnisnya, sedangkan kalau emiten papan akselerasi relatif butuh waktu untuk menunjukan pertumbuhannya. Sehingga kita riview apa yang dibedakan pada peraturan perdagangan sahamnya, jelas dia.

Untuk itu, lanjut dia, BEI tengah meninjau ulang peraturan perdagangan pada pasar sekunder untuk saham-saham yang masih tergolong papan akselerasi.

Apalagi sudah ada lima calon emiten rintisan yang ingin IPO. Jadi, kami harapkan tahun ini peraturannya selesai, kata dia.

Sementara itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono W Widodo mengatakan pihaknya tengah menyiapkan peraturan perdagangan tersendiri bagi saham-saham papan akselerasi.

Akan ada perbedaan auto rejection pada saat listing dan reguler untuk papan akselerasi, serta akan ada penyesuaian terhadap fraksi sahamnya, kata dia.

Meski demikian, Laksono enggan lebih jauh merinci besaran auto rejection dan fraksi bagi papan akselerasi tersebut. Apabila sudah siap, kami akan infokan ke publik, ucap dia. [hid]

#PapanAkselerasi #BEI
BERITA TERKAIT
KSEI Luncurkan Generasi Terbaru AKSes Next-G
Catatan Indeks Sepekan, IHSG Anjlok 6,16%
23 Perusahaan Siap Terbitkan Obligasi Rp24,75 T
Tiga Bulan Pertama, Laba YELO Naik Rp943 Juta
Beleid BEI Perketat Perdagangan Papan Akselerasi
Jualan Perdana, Saham JAST Masih Anteng
Inilah Tujuan Kerja Bareng BPJS Kesehatan-BEI

kembali ke atas