NASIONAL

Kamis, 16 Mei 2019 | 22:55 WIB

Patuhi Bawaslu, KPU Tak Akan Tutup Situng

Ray Muhammad
Patuhi Bawaslu, KPU Tak Akan Tutup Situng
(Foto: KPU)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan mematuhi rekomendasi Bawaslu untuk memperbaiki sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Adapun rekomendasi ini disampaikan Bawaslu dalam putusan pengadilan atas laporan dugaan kecurangan dalam situng KPU yang diajukan oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Komisioner Ilham Saputra mengatakan, menegaskan tidak akan menghentikan Situng dalam proses real count. Perbaikan sistemnya yang akan dilakukan secara maksimal.

"Kami akan perbaiki sistem penghitungan sebagaimana permintaan Bawaslu dan tidak ada di keputusan Bawaslu yang menyebut akan menutup Situng, ujar Ilham di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

KPU, lanjutnya, mengapresiasi putusan Bawaslu yang menyebutkan bahwa Situng yang saat ini digunakan merupakan bagian dari transparansi dari pemilu di Indonesia.

Untuk memperbaiki penginputan data tersebut, maka KPU akan memperbaiki internal. Sebenarnya sistem verifikator kanfungsinya itu, cuma karena kelelahan maka verifikator sulit mengidentifikaai kesalahannya," tandasnya. [hpy]

#Bawaslu #KPU
BERITA TERKAIT
Jokowi Ajak Seluruh Elemen Rajut Kembali Persatuan
Massa Ricuh Lagi di Bawaslu, Ustad Diminta Meredam
Aksi 22 Mei Tak Pengaruhi Kerja KPU
Masyarakat Diimbau Baca Sumber Berita Terpercaya
Moeldoko: Ada Kelompok Lain yang Pancing Provokasi
Polri: Rusuh di Sekitar Bawaslu Sudah Disetting
KPU Imbau Massa Aksi 22 Mei Tak Anarkis

kembali ke atas