NASIONAL

Jumat, 17 Mei 2019 | 07:02 WIB

KPU Diminta Segera Laksanakan Putusan Bawaslu

Happy Karundeng
KPU Diminta Segera Laksanakan Putusan Bawaslu
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Politikus PKS, Mardani Ali Sera mengapresiasi cepatnya kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengawasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia pun meminta KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu.

KPU diminta untuk segera memperbaiki sistem dan tata cara serta prosedur dalam penginputan data ke situng.

Segera laksanakan putusan, masih ada waktu sampai 22 Mei," katanya, Kamis (16/5/2019).

Menurutnya, KPU harus bertindak cepat dan mengindahkan putusan Bawaslu. Ia meminta KPU untuk tidak bermain-main. Karena persoalan suara itu yang akan menentukan pemimpin Indonesia.

"Ini semua tidak boleh main main karena menyangkut pemilihan pemimpin Indonesia, pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan mematuhi rekomendasi Bawaslu untuk memperbaiki sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Adapun rekomendasi ini disampaikan Bawaslu dalam putusan pengadilan atas laporan dugaan kecurangan dalam situng KPU yang diajukan oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Komisioner Ilham Saputra mengatakan, menegaskan tidak akan menghentikan Situng dalam proses real count. Perbaikan sistemnya yang akan dilakukan secara maksimal.

"Kami akan perbaiki sistem penghitungan sebagaimana permintaan Bawaslu dan tidak ada di keputusan Bawaslu yang menyebut akan menutup Situng, ujar Ilham di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Tak hanya dinyatakan terbukti bersalah dalam penyelenggaraan penghitungan suara real count melalui Situng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga dinyatakan melakukan pelanggaran administratif lainnya oleh Bawaslu.

Melalui sidang dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU di pemilu 2019, Bawaslu juga memutuskan bahwa lembaga pemilu ini dinyatakan bersalah dan terbukti, tidak transparan dalam mengumumkan pendaftaran lembaga survei penyelenggara quick count.

Anggota majelis, Rahmat Bagja menyatakan bahwa Bawaslu mengambil kesimpulan bahwa KPU tak melakukan pengumunan secara resmi dan transparan, terkait pendaftaran pelaksanan kegiatan penghitungan cepat pemilu 2019. [hpy]

#Pemilu2019 #KPU #Bawaslu #PKS
BERITA TERKAIT
PKS Soroti Banyak Kecelakaan di NTT Akibat Alkohol
MPR Ajak Rakyat Indonesia Terus Rawat Kebhinekaan
KPU Hanya Hadirkan Ahli di Sidang MK
Sidang MK Siang Ini Mendengarkan Saksi Pihak KPU
Mendagri: DPT Pemilu 2019 Clean and Clear
Kejati Langsung Tindaklanjuti SPDP Rusuh 22 Mei
SPDP Kerusuhan 22 Mei, 79 Orang Tersangka

kembali ke atas