GAYA HIDUP

Jumat, 17 Mei 2019 | 17:45 WIB

Upaya Pencegahan Hipertensi

Mia Umi Kartikawati
Upaya Pencegahan Hipertensi
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Upaya yang telah dilakukan dalam pencegahan dan pengendalian Hipertensi diantaranya adalah meningkatkan promosi kesehatan melalui KIE dalam pengendalian Hipertensi dengan perilaku CERDIK dan PATUH.

Meningkatkan pencegahan dan pengendalian Hipertensi berbasis masyarakat dengan Self Awareness melalui pengukuran tekanan darah secara rutin; penguatan pelayanan kesehatan khususnya Hipertensi.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan akses ke Fasilitas Kesehatah Tingkat Pertama (FKTP), optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu pelayanan.

Salah satu upaya pencegahan komplikasi Hipertensi khususnya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di FKTP melalui Pelayanan Terpadu (PANDU) PTM, 5) Pemberdayaan masyarakat dalam deteksi dini dan monitoring faktor risiko hipertensi melalui Posbindu PTM yang diselenggarakan di masyarakat, di tempat kerja dan institusi.

Kementerian Kesehatan mengimbau agar semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat agar:

1. Dapat berpartisipasi dan mendukung upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi.

2. Menerapkan Hidup Sehat yang dimulai dari keluarga,

3. Mengendalikan faktor risiko hipertensi dengan deteksi dini dan modifikasi gaya hidup denan menerapkan perilaku CERDIK dan mengendalikan hipertensi dengan perilaku PATUH.

Hari Hipertensi Dunia yang digelar setiap 17 Mei kali ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat bahwa hipertensi dapat dicegah dan diobat.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan yang penting adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran untuk cek kesehatan.

Kita tumbuhkan kesadaran diri kita semua untuk melakukan cek kesehatan, melakukan pengukuran tekanan darah secara berkala, dan mencegah serta mengendalikan hipertensi, katanya, Jakarta, Jumat, (17/05/2019).

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah menyelenggarakan Bulan Pengukuran Tekanan Darahyang dimulai Mei Juni 2019 bekerja sama dengan organisasi profesi seperti Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI), dan Perhimpunan Hipertensi Indonesia (PERHI), melaksanakan sosialisasi dan diseminasi informasi tentang Hipertensi melalui berbagai media cetak, elektronik, dan media tradisional serta pemasangan spanduk, umbul-umbul berisi pesan tentang Hipertensi.(tka)

#upaya #pencegahan #hipertensi
BERITA TERKAIT
Boost Klaim Merevolusi Sepatu Lari Juga Gaya Hidup
Konsumsi Protein Hewani Bisa Cegah Anak Stunting
(Gaya Hidup Sehat) Olahraga Ditemani Musik yang Nyaman di Telinga
Inovasi Baru, Tupperware Raih Penghargaan
Diskon Belanja Online, Popok Bayi Paling Dicari
Perempuan Berburu Kosmetik Saat Belanja Online
Festival Tanjung Lesung 2019 Usung Sport Tourism

kembali ke atas