MOZAIK

Senin, 20 Mei 2019 | 02:02 WIB

Yang Engkau Dapatkan dari Al Quran

Yang Engkau Dapatkan dari Al Quran
(Foto: ilustrasi)

HAI manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus: 57)

Allah menjelaskan dalam ayat di atas tentang manfaat Al Quran. Pertama, Al Quran adalah pelajaran (peringatan). Di dalamnya banyak kisah, larangan, perintah, kabar gembira, dan ancaman. Semua itu adalah pelajaran untuk manusia.

Al Quran juga dapat menjadi obat bagi penyakit yang ada dalam dada. Yakni kekufuran, riya, nifaq, hasad dan lain-lain penyakit hati. Dengan dibacakan Al quran, maka hati akan menjadi lembut dan terhindar dari penyakit hati. Al Quran juga bisa menjadi obat untuk penyakit fisik. Hal ini seperti disampaikan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam tentang pengobatan dengan ruqyah.

Manfaat dan fungsi lain Al Quran adalah sebagai petunjuk dan rahmat. Sebagaimana pula firman Allah dalam QS. Al Isra ayat 9, Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus.... Dan beberapa ayat lain yang menegaskan pula bahwa Al Quran adalah rahmat (QS. Al Araf: 52, An Nahl: 89).

Maka bagi siapa saja yang menginginkan petunjuk dan rahmat Allah, hendaknya ia senantiasa berinteraksi dengan Al Quran. Karena manfaat dan fungsi ini tidak akan terjadi bila Al Quran hanya tergeletak di rak atau lemari kita tanpa kita baca.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita untuk lebih dekat dengan Al Quran. [*]

#Quraniy
BERITA TERKAIT
Merasa Selalu Khawatir Terhadap Amal Sendiri
Keutamaan Membantu Orang Lain
Kitakah yang Dengar Khutbah Iblis di Hari Kiamat?
Dua Keuntungan Sekaligus di Majelis Ilmu
Memperbanyak Puasa di Bulan Muharram
Orang yang Mendapatkan Kamar Khusus di Surga
Orang yang Paling Lemah

kembali ke atas