MOZAIK

Senin, 20 Mei 2019 | 02:02 WIB

Yang Engkau Dapatkan dari Al Quran

Yang Engkau Dapatkan dari Al Quran
(Foto: ilustrasi)

HAI manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus: 57)

Allah menjelaskan dalam ayat di atas tentang manfaat Al Quran. Pertama, Al Quran adalah pelajaran (peringatan). Di dalamnya banyak kisah, larangan, perintah, kabar gembira, dan ancaman. Semua itu adalah pelajaran untuk manusia.

Al Quran juga dapat menjadi obat bagi penyakit yang ada dalam dada. Yakni kekufuran, riya, nifaq, hasad dan lain-lain penyakit hati. Dengan dibacakan Al quran, maka hati akan menjadi lembut dan terhindar dari penyakit hati. Al Quran juga bisa menjadi obat untuk penyakit fisik. Hal ini seperti disampaikan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam tentang pengobatan dengan ruqyah.

Manfaat dan fungsi lain Al Quran adalah sebagai petunjuk dan rahmat. Sebagaimana pula firman Allah dalam QS. Al Isra ayat 9, Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus.... Dan beberapa ayat lain yang menegaskan pula bahwa Al Quran adalah rahmat (QS. Al Araf: 52, An Nahl: 89).

Maka bagi siapa saja yang menginginkan petunjuk dan rahmat Allah, hendaknya ia senantiasa berinteraksi dengan Al Quran. Karena manfaat dan fungsi ini tidak akan terjadi bila Al Quran hanya tergeletak di rak atau lemari kita tanpa kita baca.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita untuk lebih dekat dengan Al Quran. [*]

#Quraniy
BERITA TERKAIT
Kisah di Balik "Demonya" Para Istri Nabi
Pentingnya Wanita Memahami Fikih tentang Haid
Sifat-Sifat Allah yang Diabadikan dalam Alquran
Yuk, Menjilat Jari antara Suami Istri Usai Makan!
Ingin Anak Saleh? Bacalah Doa Ini
Setan Versus Manusia Siapa Menang?
Bersyukur tak Cukup Diucapkan di Lidah

kembali ke atas