NASIONAL

Sabtu, 18 Mei 2019 | 19:52 WIB

Jokowi Tak Titip Kriteria Khusus untuk Capim KPK

Jokowi Tak Titip Kriteria Khusus untuk Capim KPK
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dirinya tak menitipkan kriteria tertentu untuk calon pimpinan lembaga antirasuah kepada panitia seleksi KPK.

Ia mengatakan, pansel sudah dapat memahami bahwa calon pimpinan yang akan dipilih ialah figur yang mampu fokus dalam melakukan pencegahan dan penindakan korupsi.

"Nggak (ada kriteria khusus) yang penting tekanannya memang saya kira sama di pencegahan dan penindakan ya," ujar Jokowi di Denpasar, Bali, Sabtu (18/5/2019).

Kepala negara hanya mengharapkan sosok yang dipilih pansel KPK berkompeten untuk mengemban tugas dan lolos dari tahapan seleksi dari DPR.

"Diharapkan yang terpilih nanti betul-betul yang terbaik dan diserahkan ke DPR supaya diseleksi lagi baru keluar," katanya.

Sebagaimana diketahui, Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2023.

Kepres ini ditandatangani kepala negara pada 17 Mei lalu. Pansel Capim KPK 2019-2023 ini dipimpin oleh Yenti Ganarsih. Yenti merupakan akademisi dan dikenal sebagai dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

#Jokowi #PanselKPK
BERITA TERKAIT
Jokowi Ratas Persiapan Kunker ke KTT ASEAN & G20
Hingga Awal Pekan Ini, 11 Orang Daftar Capim KPK
Khofifah: Harusnya Data Kuantitatif Buktikan TSM
Akses Ditutup, Khofifah Jalan Kaki Temui Jokowi
Fokus Berbisnis, Menantu Jokowi Emoh Urus PSSI
Jokowi Serahkan Calon Pimpinan KPK ke Pansel
Jokowi Terima Anggota Pansel KPK di Istana

kembali ke atas