HIBURAN

Minggu, 19 Mei 2019 | 20:25 WIB

Ade Fitrie Resah Penipuan Modus Pinjaman Online

Aris Danu
Ade Fitrie Resah Penipuan Modus Pinjaman Online
(Foto: ist)

INILAH.COM, Jakarta - Artis sinetron Ade Fitrie Kirana mengaku resah dengan banyaknya penipuan modus pinjaman online. Seiring berkembangnya era digital ia lebih berhati-hati dalam memanfaatkan fasilitas perbankan.

Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini bercerita, banyak masyarakat yang mengeluh karena tingginya bunga pinjaman. Hal itu menurutnya sangat mencekik masyarakat.

"Sampai bunuh diri akibat tak sanggup membayar cicilan dikarenakan stres hadapi penagih hutang. Saya pribadi resah mendengar berita dan informasi itu," katanya, Jumat (17/5/2019).

Artis yang kini banyak terlibat dalam kegiataan kemanusiaan dan sosial ini mengimbau masyarakat agar tak mudah menjadikan pinjaman online sebagai solusi masalah keuangan.

Ia menyarankan masyarakat mencari jalan lain sebelum memutuskan meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online. Apalagi, lanjut Ade, soal menyanggupi kewajiban pembayaran tepat waktu.

"Supaya kita tak terjebak dalam penipuan berkedok aplikasi pinjaman online, kita harus jeli dalam melihat ciri-ciri perusahaan rentenir online dengan melakukan beberapa hal, misalnya lihat dan bandingkan bunga yang ditetapkan," terangnya.

Menghindari modus tersebut, Ade Fitrie Kirana kini memilih menggunakan aplikasi pinjaman online. Menurutnya keamanan dan tranparansi sangat terjaga sehingga lebih aman.

"Tak semua aplikasi pinjaman online itu berisiko dan membahayakan. Sebab, sebagian besar aduan konsumen tentang layanan pinjaman online datang dari penyedia pinjaman yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia," ujarnya.

Dalam aplikasi ini, pihak berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga berperan sebagai regulator yang mengawasi berjalannya perusahaan di bidang jasa keuangan, termasuk perusahaan teknologi finansial (tekfin). Berdasarkan peraturan OJK, seluruh perusahaan tekfin harus mencatatkan perusahaannya agar bisa beroperasi secara legal.

#AdeFitrie #PinjamanOnline
BERITA TERKAIT
Kini Bisa Lebih Nyaman Nonton Film
Tribute to Arswendo Atmowiloto Digelar 30 November
400 Band Pelajar Bersaing Ketat di Pucuk Cool Jam
Sahabat ke Eropa, Baby Sexyola Wanti-wanti Hal ini
Vivi Zubedi Kenalkan Koleksi Tas dari Rumput Liar
Thavita Butuh Tiga Tahun untuk Rilis "Apa Kabar"
Raffi Ahmad-Nagita Harmonis, Karier Kian Bersinar

kembali ke atas