MOZAIK

Kamis, 23 Mei 2019 | 17:00 WIB

Beda Pendapat tentang Makna Hadis Raudhah

Beda Pendapat tentang Makna Hadis Raudhah

IBNU Abdil Bar mengatakan,

Ulama berbeda pendapat mengenai makna hadis tentang raudhah di atas. Sebagian berpendapat bahwa tempat itu akan diangkat pada hari kiamat dan dijadikan sebagai taman surga. Sebagian yang lain berpendapat bahwa hadis ini kalimat majaz.

Ibnu Abdil Bar melanjutkan,

:

Ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam duduk, dan para sahabat duduk di hadapan beliau, mereka belajar al-Quran, agama, dan iman, itulah yang menjadi alasan tempat ini disamakan dengan taman surga, karena kemuliaan pahala yang didapatkan di majlis itu. dan beliau kaitkan dengan surga, seperti sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Surga itu di bawah bayang-bayang pedang. Artinya, jihad adalah amal yang bisa mengantarkan seorang muslim menuju surga. (at_Tamhid, 2/287).

Keterangan lain disampaikan an-Nawawi,

Sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah. Para ulama menyebutkan ada 2 pendapat ulama mengenai makna hadis ini. Pertama, tempat itu akan dipindah ke surga. Kedua, bahwa ibadah di sana akan mengantarkan ke surga.

Kita akan mengulang kedua kesimpulan perbedaan pendapat di atas,

Pertama, bahwa makna hadis ini sesuai tekstualnya. Artinya, bahwa tempat ini (antara rumah dan mimbar Nabi) akan diangkat oleh Allah dan dijadikan taman surga.

Kedua, Sehingga ibadah di sana akan mengantarkan seseorang menuju surga.

Ketiga, bahwa hadis ini bentuknya majaz (kiasan), dalam arti, tempat antara rumah Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan mimbar beliau disebut sebagai raudhah, karena di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam, di tempat ini wahyu disampaikan, kajian dirutinkan, iman ditumbuhkan, ibadah disemarakkan, semua sahabat khusyu dan tunduk di hadapan Allah Taala.

Kesimpulan ini disampaikan al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah . Dan menurut beliau, pendapat ketiga paling mendekati kebenaran. (Fathul Bari, 4/100).

Karena itulah, kesempatan untuk mendapatkan keutamaan Raudhah tidak hanya beribadah di Raudhah masjid nabawi. Di semua tempat, dimana wahyu disampaikan, iman ditumbuhkan, al-Quran dan Sunnah diajarkan, kajian digalakkan, ibadah dan ketaatan ditegakkan, di situlah rahmat Allah diturunkan

Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebut forum kajian islam di masjid dengan raudhah. Dinyatakan dalam hadis,

: :

Apabila kalian melewati taman surga, mendekatlah. Sahabat bertanya, Apa itu taman surga? beliau bersabda, Halaqah ilmu. (HR. Turmudzi 3852, Ahmad 12523 dan dishahihkan al-Hakim)

Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

#Raudah #Raudhah #Rasulullah #Hadis
BERITA TERKAIT
Meneladani Rasulullah Tatkala ke Luar Rumah
Tiga Kekhawatiran Rasulullah Pada Umat Sekarang
Amalan Agar Bertemu Rasulullah dalam Mimpi
Di Saat Rasulullah Gemetar Melihat Jibril
Kronologi Rasulullah Selamat dari Racun Zainab
Ketika Rasulullah Kesiangan Salat Subuh
Rasulullah Tiga Kali Kalahkah Pegulat Tangguh

kembali ke atas