GAYA HIDUP

Rabu, 22 Mei 2019 | 07:06 WIB

Inilah Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Inilah Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Inilah tujuh perayaan Idul Fitri di tujuh negara berbeda yang dapat menjadi referensi liburan Anda!

London, Inggris

Meskipun Idul Fitri bukanlah hari libur nasional di London, perayaan ini tetap dirayakan secara besar-besaran oleh banyak umat Muslim di sana. Perayaan dimulai dengan sholat di pagi hari, diikuti dengan mengunjungi keluarga dan teman-teman atau menjadi tuan rumah sambil menikmati masakan-masakan tradisional.

Wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan di Festival Idul Fitri tahunan di Trafalgar Square, di mana mereka dapat menikmati berbagai pertunjukan yang mengasyikkan, menyenangkan bagi keluarga dan tentu saja, makanan dari berbagai negara pada hari Sabtu, 8 Juni, mulai pukul 12 hingga 6 sore!

New York, Amerika Serikat

Ada banyak yang harus dilakukan di New York untuk menandai akhir Ramadan. Mulailah hari Anda dengan mengunjungi masjid terbesar di kota ini, Islamic Cultural Center New York.

Pantau Empire State Building di malam hari, yang biasanya menyala hijau untuk merayakan Idul Fitri.

Istanbul, Turki

Jika Anda beruntung, selama bulan menjelang Idul Fitri, Anda mungkin melihat pemain-pemain gendang Ramadan tampil pada waktu fajar menyingsing di sepanjang jalan saat mereka membangunkan penduduk untuk sahur, makanan terakhir sebelum memulai hari berpuasa.

Setelah bulan Ramadan, Idul Fitri juga dikenal sebagai Seker Bayram atau Festival Permen di Turki karena perayaan akan menyajikan banyak makanan manis seperti baklava. Bahkan, orang-orang dianjurkan untuk menikmati makanan manis untuk sarapan! Nikmati kuliner manis ala Turki saat Anda merayakan Idul Fitri bagaikan warga lokal.

Uni Emirat Arab

Warga Uni Emirat Arab sangat menghargai waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih selama Idul Fitri, terutama sambal menikmat makanan mewah. Menjelang Idul Fitri, bergabunglah dengan keluarga Muslim lainnya untuk berbuka puasa saat matahari terbenam di Dubai Opera, di mana Anda dan keluarga dapat merasakan pengalaman unik yang menggabungkan masakan Arab yang lezat dan sajian live musik.

Keluarga dan teman-teman juga dapat menikmati waktu yang mendebarkan di salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia, IMG Worlds of Adventures, yang akan didekorasi dengan tema tradisional Arab dan menawarkan aktivitas khusus terkait Idul Fitri.

Arab Saudi

Orang Arab Saudi memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah lelaki tertua dalam keluarga setelah sholat subuh di Hari Raya Idul Fitri. Sebelum hidangan makan siang yang spesial disajikan, anak-anak akan tampil dengan pakaian baru di depan keluarga mereka yang kemudian akan memberi mereka uang lebaran sebagai hadiah. Keluarga-keluarga kemudian menghabiskan hari dengan mengunjungi teater, melihat kembang api, atau menonton pertunjukan untuk melanjutkan perayaan.

Di jantung pusat kota Balad, wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan Historic Jeddah Festival untuk bernostalgia dan melihat bagaimana orang-orang merayakan Idul Fitri di masa lalu. Nikmati sajian-sajian seni interaktif atau dengarkan Hakawati (pendongeng) menceritakan kisah tentang bagaimana keluarga Hijazi menghabiskan Idul Fitri mereka dahulu kala.

Srinagar, Kashmir

Kumpulan umat terbesar saat sholat Idul Fitri di Srinagar biasanya terletak di Hazratbal, tempat suci yang disebut-sebut sebagai tempat peninggalan suci Nabi Muhammad. Di pagi hari saat Idul Fitri, sesuatu yang manis dimakan untuk sarapan seperti sheer kurma atau seviyan (puding vermicelli dengan susu, air dan kacang-kacangan), disertai dengan kahwah, teh lokal yang diseduh dari daun teh hijau khusus dan saffron Kashmir, dihiasi dengan buah dan kacang kering. Cicipi masakan lokal termasuk naan, kebab, kahwah, noon chai (teh asin warna merah muda) ala Kashmir dan yang lainnya di sepanjang Lal Chowk, jalanan yang terkenal dengan area kuliner di Kashmir.

Jakarta, Indonesia

Idul Fitri atau Lebaran adalah periode jalan-jalan utama bagi orang Indonesia karena banyak umat Muslim, terutama mereka yang tinggal di kota, melakukan perjalanan kembali ke kota asal mereka, sebuah tradisi yang dikenal dengan sebutan mudik. Hal ini membuat daerah perkotaan menjadi relatif sepi sehingga menjadikan periode liburan ini sebagai waktu yang tepat untuk menjelajahi mal-mal dan melihat-lihat atraksi yang biasanya ramai di Jakarta.

Tentu saja, tidak ada perayaan Lebaran yang lengkap di Indonesia tanpa makanan wajib, yaitu rendang yang disajikan bersama ketupat, yang melambangkan kebersamaan. Pastikan untuk mencicipi makanan khusus Idul Fitri tersebut di restoran lokal. [*]

#IdulFitri
BERITA TERKAIT
Tips Tampil Cantik di Hari Raya Idul Fitri
Ini Cara Atasi Masalah Gizi Anak
Waspada Penyakit Kanker Tulang
Beragam Pemeriksaan untuk Pastikan Kanker Tulang
Tidak Semua Kanker Tulang Harus Diamputasi
Mengenal Beberapa Jenis Kanker Tulang
Kenali Kanker Tulang Penyebab Kematian

kembali ke atas