MOZAIK

Rabu, 22 Mei 2019 | 02:02 WIB

Hati-hati Pencuri Ramadhan

Quraniy
Hati-hati Pencuri Ramadhan
(Foto: Ilustrasi)

RAMADHAN semestinya menjadi bulan penuh ibadah. Berpuasa dan beramal shaleh pada siang harinya, dan malamnya dipenuhi qiyamullail serta tadarus Al Quran. Begitu setiap hari di bulan Ramadhan. Karena seluruh waktu pada bulan Ramadhan adalah berkah dan berlipatganda pahala amal shalehnya.

Namun setan tidak mau manusia mengerjakan ketaatan. Bila setan tidak mengajak manusia bermaksiyat, maka setan tidak kehilangan akal dan strategi. Setan membelokkan manusia dari amal shaleh dan ketaatan kepada amal sia-sia dan membuang waktu.

Banyak cara dan hal yang setan gunakan agar kita terlupa dengan Ramadhan dan kemuliaannya. Setan menggunakan semua perkara duniawi agar melencengkan kita dari ibadah kepada Allah. Di antaranya adalah pekerjaan. Kita dibuat oleh setan agar fokus dengan pekerjaan demi target, pujian dari pimpinan, karier atau pun bonus. Sehingga pikiran dan fisik kita menjadi lelah. Akhirnya kita tak mampu melakukan ibadah kepada Allah.

Tidak berhenti di situ, setan juga menggoda dan mencuri Ramadhan melalui gawai. Kita disibukkan dengan hal yang tidak bermanfaat dengan gawai kita. Sebentar berinternet, bermain game, Facebook-an, WhatsApp, dan lain-lain. Kita asyik dengan kegiatan membuang waktu sia-sia. Hal itu membuat waktu Ramadhan kita berlalu tanpa terasa dan kita telah menyia-nyiakannya.

Televisi juga mencuri bahkan membunuh waktu Ramadhan kita. Menjelang berbuka dan selama waktu berbuka puasa, kita sibuk dengan makanan dan tontonan. Sehingga kita melupakan bahwa saat itu adalah saat mustajab untuk berdoa.

Pun saat makan sahur. Sebelum dan saaat makan sahur, kita menonton televisi pula. Acara-acara televisi yang tidak bermanfaat dan penuh kebohongan/rekaan seperti lawakan dan sinetron menjadi santapan sahur kita pula. Padahal waktu sahur adalah waktu mustajab doa. Apalagi dalam bulan Ramadhan.

Mari lebih mawas diri. Semoga Allah memberi hidayah kepada kita dan menjadikan kita sebagai pribadi yang optimal dalam beribadah di sisa Ramadhan tahun ini.

Allahu Alam

#Quraniy
BERITA TERKAIT
Hadits yang Menunjukkan Keharaman Anjing
Memahami Ayat Alquran tentang Haramnya Hewan Buas
Perintah Allah untuk Menaati Rasulullah
Hukum Seorang Muslim Lakukan Jual Beli Anjing
Keharusan Menaati Perkataan Rasulullah
5 Hewan Fasik yang Boleh Dibunuh saat Ihram
Kekeliruan Sebagian Muslim yang Halalkan Anjing

kembali ke atas