EKONOMI

Rabu, 22 Mei 2019 | 13:55 WIB
(Rasio Elektrifikasi Malut)

Lima Desa Halmahera Selatan Dilistriki PLN

Lima Desa Halmahera Selatan Dilistriki PLN
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Halmahera Selatan - PT PLN (Persero) terus berupaya untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Maluku dan Maluku Utara. Upaya ini dilakukan dengan terus melistriki desa-desa yang belum berlistrik atau dilistriki oleh PLN.

Salah satu bukti nyata upaya tersebut yakni dengan telah dilistrikinya lima desa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) sejak Sabtu (18/5/2019). Kelima desa tersebut adalah Desa Liaro, Desa Wayakuba, Desa Sumatinggi, Desa Indari dan Desa Nondang.

Dengan telah terlistrikinya lima desa tersebut kini terdapat 36 desa lagi di Kabupaten Halmahera Selatan yang akan dilistriki PLN hingga tahun 2020 mendatang. Adapun rasio elektrifikasi PLN di Maluku Utara, mencapai 88,16% dengan target 90,89% pada tahun ini.

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba menyampaikan apresiasi kepada PLN dengan berhasilnya melistriki lima desa di Kabupaten Halmahera Selatan pada Ramadan ini.

Mari kita berikan apresiasi dan dukungan kepada PLN yang telah bekerja keras dan bekerjasama yang baik sehingga program ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik, ujar Bahrain saat meresmikan penyalaan listrik di kelima desa tersebut.

Selaras dengan hal tersebut, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Romantika Dwi Juni Putra menuturkan, dalam melistriki desa-desa yang belum berlistrik, PLN tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

PLN memiliki 2 (dua) misi yang sangat penting, yang pertama adalah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan juga mendorong perekonomian masyarakat. PLN juga memiliki cita-cita untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi hingga tahun 2020-2021, namun terdapat beberapa kendala di lapangan yang belum memadai seperti infrastruktur yang belum siap terdiri dari jalan dan pelabuhan yang belum ada, karena justru peningkatan Rasio Eletrifikasi ini malah di daerah yang jauh dan minim infrastruktur, ujar Romantika.

Dalam melistriki kelima desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 28,93 Kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,7 kms dan Gardu Distribusi sebanyak 6 buah.

Dengan demikian, diharapkan hadirnya listrik di kelima desa tersebut dapat membantu meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat dan juga membantu berbagai aktivitas lainnya, seperti misalnya kegiatan belajar anak-anak yang kini mendapatkan penerangan di malam hari.

#PLN #RasioElektrifikasi
BERITA TERKAIT
Korsel dan Eropa Ikuti Lelang Fast Charging PLN
PLN Siap Topang Kebutuhan Listrik Industri
Tunggu Tangal Mainnya, 3 Pembangkit PLN Beroperasi
PLN Berhasil Cetak Laba Rp4,2 T di Triwulan I 2019
PLTGU Jawa 2 Perkuat Kehandalan Setrum Jawa-Bali
Tarif Listrik 2020 Akan Terapkan Sistem Adjustment
2020, Seluruh Desa di Sumsel Bebas Kegelapan

kembali ke atas