BOLA

Kamis, 23 Mei 2019 | 08:33 WIB

FIFA: Peserta Piala Dunia 2022 Tetap 32 Negara

Arif Budiwinarto
FIFA: Peserta Piala Dunia 2022 Tetap 32 Negara
(Foto: Anadolu Agency/Getty Images )

INILAHCOM, Jakarta - FIFA membatalkan rencana menambah peserta Piala Dunia 2022 Qatar menjadi 48 negara. Rencana tersebut baru akan diterapkan pada Piala Dunia 2026.

Setelah resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, FIFA mengusulkan adanya penambahan kontestan gelaran empat tahunan tersebut dari 32 negara menjadi 48 negara.

Menurut FIFA, penambahan jumlah peserta Piala Dunia mendapat dukungan dari banyak pihak. Mereka beralasan bahwa tiap negara harus mendapatkan kesempatan untuk berlaga di turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Dengan bertambahnya jumlah peserta yang tadinya 32 tim, maka dipastikan pula Qatar tak akan sendiri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. FIFA dan Qatar masih mendalami potensi negara-negara yang bakal menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2022.

Dengan pertimbangan tidak ada cukup waktu dan permasalahan logistik, FIFA kemudian membatalkan rencana tersebut. Dengan demikian, Piala Dunia 2022 akan sesuai dengan format peserta seperti semula.

"Hasil analisis bersama, dalam hal ini, menyimpulkan bahwa karena tahap persiapan yang lanjut untuk kebutuhan penilaian rinci tentang dampak logistik potensial pada negara tuan rumah, mala lebih banyak waktu dibutuhkan dan keputusan tidak dapat diambil sebelum batas waktu pada bulan Juni," demikian pernyataan resmi FIFA.

"Karena itu diputuskan untuk tidak mengejar opsi ini lebih jauh."

"Piala Dunia Qatar 2022 akan tetap sesuai dengan renca semula dengan 32 tim dan tidak ada proposal yang akan diajukan pada Kongres FIFA berikutnya pada 5 Juni," lanjut isi pernyataan.

Rencana penambahan kontestan menjadi 48 tim sejatinya baru akan diterapkan pada Piala Dunia 2026 yang diadakan di tiga negara Amerika Utara yaitu Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Sumber: The Guardian

#PialaDunia2022 #FIFA
BERITA TERKAIT
Menang di Kandang, Pengalaman Pertama Bagi Simon
Vanuatu Dapat Pelajaran Usai Dihajar Indonesia 6-0
Beto Sebut Indonesia Alami Peningkatan Kualitas
Menang Telak, Indonesia Masih Butuh Perbaikan
Timnas Indonesia Alihkan Fokus ke Vanuatu
PSSI Gelar KLB 27 Juli 2019
Selingkuh, Pamela Anderson Campakkan Eks Bek Milan

kembali ke atas