PASAR MODAL

Kamis, 23 Mei 2019 | 08:53 WIB

Ini Lanjutan Kasus Bisnis Trump dan Deutsche Bank

Wahid Ma'ruf
Ini Lanjutan Kasus Bisnis Trump dan Deutsche Bank
(Istimewa)

INILAHCOM, Washington - Seorang hakim federal di New York City pada hari Rabu mengatakan Deutsche Bank dan Capital One dapat menyerahkan dokumen keuangan terkait dengan Presiden Donald Trump dan bisnisnya dalam menanggapi panggilan dari dua komite DPR yang dipimpin Demokrat.

Keputusan hakim Edgardo Ramos muncul setelah sidang dengan pengacara untuk Trump, tiga anaknya yang lebih tua, Donald Jr. Eric dan Ivanka, dan Organisasi Trump berpendapat bahwa panggilan pengadilan ke dua bank harus dibatalkan. Dia merencakanan untuk mengajukan keberatan atas keputusan itu.

Ramos, yang ditunjuk oleh Presiden Barack Obama, mengatakan di Pengadilan Distrik AS di Manhattan bahwa argumen klan Trump "tidak cukup serius karena berkaitan dengan preseden Mahkamah Agung" yang berhubungan dengan pertanyaan tentang menyerahkan dokumen ke Kongres.

Hakim juga tidak setuju dengan argumen oleh tim hukum Trump bahwa tuntutan untuk dokumen-dokumen dari komite Financial Services and Intelligence House tidak memiliki tujuan legislatif yang sah. Ramos mengatakan ada tujuan seperti itu dalam permintaan oleh panel, yang menyelidiki dugaan pengaruh asing dalam pemilihan AS, seperti mengutip cnbc.com.

Panggilan pengadilan, kata Ramos, "luas dan tak terbantahkan jelas terkait."

Gedung Putih dan juru bicara untuk Organisasi Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar. Trump mengatakan dia "melawan semua panggilan pengadilan" yang dikeluarkan oleh House Demokrat, yang sedang melakukan penyelidikan luas dalam urusan keuangannya.

Putusan di pengadilan New York datang dua hari setelah hakim federal lain, di Washington, D.C., mengatakan akuntan Trump di perusahaan Mazars harus mematuhi panggilan pengadilan dari Komite Pengawasan Gedung dan Reformasi Pemerintah untuk catatan keuangannya.

Deutsche Bank selama bertahun-tahun telah menjadi pemberi pinjaman utama bagi Trump, yang telah dihindari bank-bank lain karena meminjamkan kebangkrutan berulang-ulang. Capital One memiliki catatan keuangan terkait dengan hotel-hotel Trump Organization. Tidak ada bank yang menentang panggilan dari pengadilan.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNBC setelah putusan itu, juru bicara Deutsche Bank Kerrie McHugh mengatakan, "Kami tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang sesuai untuk semua investigasi resmi dan akan mematuhi perintah pengadilan mengenai investigasi tersebut."

Pengacara keluarga Trump, dalam gugatan yang diajukan terhadap Deutsche Bank dan Capital One pada akhir April, menantang tuntutan untuk dokumen keuangan dari para pemberi pinjaman, mengatakan panggilan dari DPR Demokrat "dikeluarkan untuk melecehkan Presiden Donald J. Trump, untuk mencari-cari di setiap aspek tentang keuangan pribadinya, bisnisnya, dan informasi pribadi Presiden dan keluarganya. "

Baik Deutsche Bank maupun Capital One tidak keberatan di pengadilan dengan panggilan pengadilan. Tetapi House Demokrat melakukan intervensi dalam gugatan untuk menentang upaya keluarga Trump untuk membatalkan tuntutan dokumen.

Keputusan Ramos datang beberapa jam setelah Badan Legislatif negara bagian New York mengesahkan dua tagihan yang ditujukan untuk Trump, yang akan memungkinkan pengembalian pajak negara bagian Trump diserahkan kepada Kongres jika diminta. Gubernur Andrew Cuomo mengatakan dia mendukung gagasan itu, tetapi belum mengatakan apakah dia akan menandatangani tagihan.

Departemen Keuangan pekan lalu menentang panggilan pengadilan dari House Ways and Means Committee AS selama enam tahun pengembalian pajak federal Trump dan bisnisnya. Tetapi banyak informasi tentang pengembalian itu akan direplikasi dalam pengembalian pajak negara.

Selama persidangan hari Rabu, pengacara Trump, Patrick Strawbridge, berpendapat bahwa panggilan pengadilan melebihi otoritas Kongres dengan menjadi overbroad. Dia mencatat menekankan bahwa komite "secara harfiah mencari catatan tentang anak di bawah umur" yang terkait dengan Trump, serta mertuanya.

Di titik lain, Strawbridge berpendapat bahwa pengadilan telah membuatnya "jelas" bahwa Kongres "tidak dapat melewati batas ke dalam kegiatan penegakan hukum."

Douglas Letter, seorang pengacara untuk komite yang mencari dokumen, menjawab bahwa "sama sekali tidak ada gunanya untuk argumen ini" yang dibuat oleh Strawbridge.

"Ini benar-benar salah paham," kata Letter.

Surat mengatakan bahwa panggilan pengadilan itu luas, dan meminta dokumen kembali beberapa tahun, karena komite sedang menyelidiki hal-hal seperti pencucian uang dan keterlibatan dengan entitas asing - "termasuk oligarki Rusia" - lebih dari "periode waktu yang panjang."

Ramos kemudian bertanya mengapa komite itu repot-repot untuk meminta "dokumen domestik" jika itu masalahnya.

Anda harus melihat: kemana arahnya? Surat merespons, merujuk pada uang. "Semuanya terikat bersama."

Letter mengkritik upaya hukum keluarga Trump untuk menggagalkan panggilan pengadilan, mengatakan bahwa gugatan itu hanya diajukan "karena kesalahpahaman besar-besaran dan mendasar" tentang peran Kongres "oleh Tuan Trump."

"Dia melihat kita sebagai gangguan," kata Letter, merujuk pada presiden.

Ditanya oleh hakim apakah catatan keuangan dapat dipublikasikan, Letter mengatakan bahwa komite memang memiliki kekuatan itu.

Tetapi mereka "tidak akan melakukannya dengan sengaja," tegas Surat.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Wall Street Berpotensi Bergerak Terbatas
Bursa Saham Asia Berakhir Positif
IHSG Berakhir di 6.339,26 Usai Naik 1,3 Persen
Bursa Saham Eropa Berpotensi Variatif
Fitch Sebut Ekonomi Asia Tertekan Perang Tarif
IHSG Berani Naik 0,8% ke 6.313,79 di Awal Sesi
Apakah Jabatan Powell Aman di Fed?

kembali ke atas