EKONOMI

Kamis, 23 Mei 2019 | 12:01 WIB

Budi Waseso Masuk Radar Menteri Ekonomi Jokowi?

Budi Waseso Masuk Radar Menteri Ekonomi Jokowi?
Direktur Bulog, Budi Waseso (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Bulog, Budi Waseso dinilai pantas ,emjadi menteri bidang ekonomi. Kabar santernya, dia masuk radar Jokowi yang sebentar lagi bakal mereshuffle sejumlah menteri ekonominya.

Sepak terjang sosok yang kerap disapa Buwas ini, dinilai berpotensi menjadi menteri pertanian. Apa ada Dirjen di Pertanian yang diangkat jadi Menteri Pertanian? Sejauh ini setau saya belum pernah. Pertanian itu sektor yang sangat strategis, pasti Presiden akan ambil dari masukan banyak pihak, kata pengamat pemerintahan Prof M Mas'ud Said, Jakarta, Rabu (22/5).

Direktur Pascasarjana Unisma Malang ini, menilai, kecil kemungkinan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkesempatan menjadi menteri, meski sudah setingkat dirjen dan paham betul seluk beluk kementerian.

Biasanya, kata dia, menteri yang berasal dari internal, adalah di Kementerian Luar Negeri. Sedangkan untuk Kementerian Pertanian, ia juga menilai hal itu sulit terjadi.

"Selama ini Dirjen itu hidup dalam bayang bayang menterinya baik secara media coverage maupun dalam politik. Karena semua akhirnya mempertimbangkan faktor kontribusi politik maka agak kecil kemungkinan Direktur atau Dirjen menjadi menteri, apalagi biasanya mereka selalu diminta netral dalam pemilihan umum, jelas Masud.

Di sisi lain, ia menilai antrean orang yang menginginkan posisi menteri di Kabinet Jokowi-Maruf 2019-2024 bakal semakin panjang. Antrean orang yang mau masuk kabinet semakin panjang, karena beberapa hal. Antara lain faktor NU yang menunjukkan kemenangan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tidak bisa dipungkiri faktor NU menentukan kemenangan JokowiMaruf Amin.

Pub begitu, KH Maruf Amin adalah tokoh tertinggi, sehingga dapat diduga NU akan dapat porsi besar. Apalagi terlihat Muhammadiyah tak begitu dekat pada pilpres kali ini dan seakan-akan netral. Namun, diyakini, pertimbangan profesional, pertimbangan kontribusi politik, dan pemanggilan orang orang yang memiliki reputasi sebagai eksekutor di bidangnya akan menjadi pertimbangan oleh presiden.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga mengatakan, peluang Buwas menjadi menteri pertanian, bisa saja ada. Namun, semuanya bergantung Jokowi. "Kalau beliau calon Menteri Pertanian itukan tetap kewenangan Pak Jokowi. Kita belum tahu apakah nanti akan diganti atau tidak Itu kan kewenangan Pak Jokowi. Pak Jokowi punya pertimbangan tertentu untuk memilih seorang dan kita serahkan pada beliau saja," kata Arya, Kamis (23/5/2019).

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan ikut-ikutan memberikan pandangan terkait peluang Buwas menjadi menteri pertanian. "Kita serahkan ke presiden," kata politisi PKB ini. [tar]

#PresidenJokowi #Reshuffle #MenteriPertanian
BERITA TERKAIT
Beredar Susunan Tim Ekonomi Jokowi, Airlangga Bos
Tak Perpanjang Enggar, Jokowi Kesengsem Agus PKB?
Jenderal Luhut Kawan Jokowi Lanjut Menko Maritim
Dituding Suka Kebablasen, Luhut Disarankan Pensiun
Sinyal Kuat Kakak Bos PKB Jadi Menteri 'Deso'
(Bursa Menteri Perindustrian) Jokowi Ganti Airlangga dengan Agus Gumiwang?
Mantan Direktur Bank Dunia Bertahan Jadi Menkeu

kembali ke atas