EKONOMI

Jumat, 24 Mei 2019 | 04:09 WIB

Cabai Rawit Jadi Barang Mewah di Raja Ampat

Cabai Rawit Jadi Barang Mewah di Raja Ampat
(Foto: ist)

INILAHCOM, Waisai - Harga cabai rawit di pasar tradisional Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, mahalnya tak kira-kira. Per kilogramnya dibanderol Rp130.000, sebelumnya Rp60.000 per kilogram.

Pedagang di Pasar Waisai Raja Ampat, Kamis (23/5/2019), menawarkan satu kilogram cabai rawit seharga Rp130.000 atau naik Rp70.000 dari harga sebelumnya Rp60.000 per kilogram.

Seorang pedagang Pasar Waisai Raja Ampat, Tambrin (32), mengaku menjual cabai rawit seharga Rp130.000 per kilogram karena harga di tingkat agen dan petani naik.

Menurut dia, cabai rawit yang dijual pasar tradisional waisai didatangkan dari Sorong baik dari petani Kabupaten Sorong maupun agen yang mendatangkan dari luar Kota Sorong.

Karena itu, jika stok cabai rawit di pasar Waisai berkurang maka pedagang menaikkan harga dan itu adalah bagian dari hukum ekonomi. Jika stok terbatas permintaan tinggi maka harga pasti naik.

Ia mengungkapkan harga cabai rawit naik hingga Rp130.000 tidak mempengaruhi warga waisai Raja Ampat. Warga tetap membeli cabai dengan sedemikian rupa. "Cabai keriting tidak mengalami perubahan harga karena stok melimpah sehingga harga tetap stabil Rp60.000 per kilogram," ujarnya. [tar]

#Inflasi #Harga #CabaiRawit #RajaAmpat
BERITA TERKAIT
Tahun Depan,Awas Inflasi Tinggi karena Rokok Mahal
Waduh, HBA Merosot Dibanding Bulan Sebelumnya
PLN Perluas Jangkauan Tol Listrik Sulawesi Tahap I
Road Map Biofuel Berbasis CPO akan Lebih Lengkap
Ini Dua Proyek Bandara Baru Dukung Wisata Jateng
INDEF: Pilih Menteri BUMN dari Profesional
Tahun Depan B30 Jalan, Bisnis Sawit Makin Cerah

kembali ke atas