DUNIA

Jumat, 24 Mei 2019 | 07:35 WIB

Gelagatnya AS Bakal Serang Iran

Gelagatnya AS Bakal Serang Iran
Jendral AS Joseph Votel, Komando Tertinggi AS di Timur Tengah (tengah) (Foto: voanews)

INILAHCOM, Jakarta--Kalau melihat gelagatnya, AS kemungkinan besar akan menyerang fasilitas-fasilitas yang dimiliki Iran di kawasan Teluk Persia. Beberapa indikasi menunjukkan ke arah sana.

Kemarin siang, misalnya, seperti dilaporkan VOA, Jumat (24/5/2019), Penjabat Menteri Pertahanan Pat Shanahan, Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Joseph Dunford, dan beberapa pejabat AS Gedung Putih memaparkan kepada Presiden Donald Trump berbagai opsi, termasuk kemungkinan mengirim ribuan pasukan AS ke Timur Tengah.

Permintaan untuk menambah pasukan datang dari US Central Command, kata seorang pejabat lain yang tidak mau disebut namanya sebab semua rencana masih belum resmi.

Tidak jelas apakah Gedung Putih akan menyetujui pengiriman semua pasukan yang diminta atau hanya sebagian saja ditambah dengan perangkat misil Patriot dan beberapa kapal perang.

Bulan ini AS mengirim sebuah kapal induk dan pesawat-pesawat pembom B-52 ke kawasan itu karena ancaman yang tidak jelas dari Iran.

Hubungan antara Washington dan Teheran bertambah tegang sejak Presiden Trump memutuskan mencegah ekspor minyak Iran menjadi NOL dan memperkuat kehadiran militer Amerika di kawasan Teluk sebagai jawaban, atas apa yang disebutnya, ancaman Iran.

Di samping ucapan-ucapan keras, Trump mengatakan kepada Shanahan pekan lalu bahwa ia tidak ingin berperang dengan Iran. [voa/lat]

#konflik #as-iran
BERITA TERKAIT
Tegang dengan Iran, Serdadu AS Ditambah ke Timteng
Iran Akan Langgar Batas Maksimal Cadangan Uranium
AS Jamin Jalur Pelayaran di Selat Hormuz
Konfrontasi Teluk Persia Sangat Berbahaya
Di Tengah Ketegangan, Iran Bebaskan Warga AS
Konflik Yaman: Masjid Diserang, 5 Orang Tewas
Tegang dengan AS, Iran Dikunjungi PM Jepang

kembali ke atas