PASAR MODAL

Minggu, 26 Mei 2019 | 01:01 WIB

Bagaimana Siapkan Bekal Pensiun?

Wahid Ma'ruf
Bagaimana Siapkan Bekal Pensiun?
(Istimewa)

INILAHCOM, New York - Seorang profesional pemasaran di Seattle mengatakan memiliki emosi yang campur aduk tentang kata "pensiun." Baginya, itu mengingatkan pada seorang pria berusia 70 tahun yang duduk di kursi goyang. Pensiunnya akan berbeda.

Dia berencana untuk "pensiun" dari pekerjaan penuh waktu pada tahun 2020, ketika dia akan berusia 30 tahun. Dia bilang dia akan menghabiskan hidupnya keliling dunia, mulai di Australia dan Selandia Baru. Dia menggunakan moniker "A Purple Life" online, dan tidak mengungkapkan nama aslinya karena mudah diidentifikasi dan dia tidak ingin majikannya tahu dia berpikir untuk segera pensiun.

"Saya masih berencana untuk memutuskan November mendatang jika angka saya terlihat cukup baik untuk pensiun pada Oktober 2020," katanya seperti mengutip marketwatch.com. "Aku terlihat cukup bagus, tapi, berdasarkan pasar saham, kita akan lihat."

Kekayaan bersihnya, yang dia nilai untuk berhemat meskipun dia menghasilkan gaji besar untuk usianya, sekarang total US$340.000. Untuk pensiun, dia ingin mencapai US$500.000, dengan dividen dan pembayaran tetap lainnya, dia berharap, melihatnya sampai dewasa.

Dia tidak sendirian dalam mimpinya tentang kebebasan finansial atau FIRE: kebebasan dari utang dan dari ras tikus. Dia ingin menjalani kehidupan dengan caranya sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir, minat pensiun pada usia paruh baya, atau bahkan lebih awal, telah lepas landas, dibantu, sebagian, oleh blog populer oleh "Mr. Money Moustache. Penulis blog yang sekarang terbuka kedoknya, Pete Adeney, menulis tentang pengalamannya sendiri tentang kemandirian finansial, hidup dari investasi dan tabungan, daripada terikat pada gaji. Adeney, mantan insinyur perangkat lunak dari Kanada yang sekarang tinggal di Colorado, pensiun pada 2005 pada usia 30 tahun.

Gerakan ini memiliki nama FIRE atau kemandirian finansial, pensiun dini.

Tidak ada statistik tentang jumlah penganut FIRE. Pemerintah AS tidak menyimpan catatan, juga perusahaan investasi pensiun seperti Fidelity Investments. Namun, jumlah orang yang berbagi cerita di media sosial terus bertambah. Ada lebih dari 14.000 anggota dalam grup Facebook yang disebut Mustachians in Practice, sebagai anggukan kepada Mr. Money Kumis. Adeney mengatakan blog, yang telah melahirkan puluhan lainnya, telah menarik puluhan juta pengunjung.

"Gagasan ini bahwa kamu harus mendapatkan enam angka, tidak punya anak, bahwa itu harus semuanya atau tidak sama sekali - aku pikir itu konyol. Kebanyakan orang yang melakukannya sebenarnya hidup normal, kata Tanja Hester, penulis buku "Work Optional"

Mereka yang bercita-cita pensiun dini hidup hemat. Beberapa diketahui mengendarai sepeda daripada mengendarai mobil, tinggal di apa yang disebut rumah kecil atau van, menanam makanan sendiri, membuat pakaian sendiri dan produk rumah, dan melupakan kenyamanan modern seperti ponsel pintar dan Wi-Fi rumah.

Setelah mereka menabung jumlah yang mereka perkirakan akan memungkinkan mereka untuk hidup tanpa pekerjaan tetap di masa depan, mereka berhenti dari pekerjaan penuh waktu mereka dan menetap di pensiun dini. Yang pasti, banyak yang bekerja paruh waktu, musiman atau sesekali untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Berapa banyak uang yang cukup? Pertama, tetapkan "nomor KEBAKARAN," perhitungan berdasarkan dana yang dibutuhkan untuk pensiun yang diperpanjang. Tn. Money Moustache telah mengembangkan pedoman untuk menentukan angka itu, dengan memperhitungkan tingkat penarikan 4% yang sering direkomendasikan selama masa pensiun.

Ada variasi dalam rencana tersebut. Beberapa orang bekerja paruh waktu, mengejar strategi yang disebut "barista FIRE," sementara yang lain memulai bisnis. Beberapa tidak bekerja sama sekali.
Banyak orang hampir tidak menabung untuk masa pensiun

Jika Anda berpikir FIRE kedengarannya tidak praktis, Anda tidak sendirian. Gerakan ini telah menerima banyak kritik. Beberapa datang dari penulis keuangan pribadi terlaris, Suze Orman. Dia bilang dia benci gerakan itu.

"Ini adalah kesalahan terbesar, secara finansial, Anda akan pernah, pernah membuat dalam hidup Anda. Kesulitan tak terduga, termasuk sakit, kecelakaan, dan biaya tak terduga, mengintai di setiap sudut," katanya.

Pemeriksaan realitas lain: Kebanyakan orang Amerika tidak akan pensiun dini, jika mereka mampu pensiun sama sekali. Satu dari lima tidak memiliki tabungan pensiun, menurut perusahaan jasa keuangan Northwestern Mutual.

Dan satu dari tiga baby boomer, generasi yang paling banyak mengalami masalah pensiun, memiliki tabungan kurang dari US$25.000 untuk masa pensiun.

"Ada eksekutif perusahaan yang datang ke kantor saya membayar hipotek, punya anak di sekolah swasta, dan mereka kelelahan di usia 60-an dan ingin pensiun. Ada beberapa kali ketika itu tidak layak," kata Perencana keuangan bersertifikat, Josh Fein

Yang mengatakan, gerakan KEBAKARAN mengubah pembicaraan pensiun. Lewatlah sudah hari-hari berfantasi tentang menghabiskan tahun-tahun emas seseorang di lapangan golf. Mengapa tidak melakukan itu sekarang, bahkan jika Anda harus berkorban di sepanjang jalan?

"Ada eksekutif perusahaan yang datang ke kantor saya membayar hipotek, punya anak di sekolah swasta, dan mereka kelelahan di usia 60-an dan ingin pensiun," kata Josh Fein, perencana keuangan bersertifikat yang bekerja di Los Angeles dan New York.

Ada beberapa kali ketika itu tidak layak, dan mereka tidak memikirkannya sepanjang hidup mereka. Jika FIRE dapat membawa awar "Ada eksekutif perusahaan yang datang ke kantor saya membayar hipotek, punya anak di sekolah swasta, dan mereka kelelahan di usia 60-an dan ingin pensiun," kata Josh Fein, perencana keuangan bersertifikat yang bekerja di Los Angeles dan New York. Ada beberapa kali ketika itu tidak layak, dan mereka tidak memikirkannya sepanjang hidup mereka. Jika FIRE dapat membawa kesadaran akan hal itu lebih awal, saya siap untuk itu. "
Mengapa KEBAKARAN terus terjadi

Untuk semua popularitasnya yang baru ditemukan, KEBAKARAN benar-benar hanya cara baru untuk berbicara tentang konsep lama, kata Ed, 50 tahun yang belum bekerja penuh waktu sejak berusia 36 tahun. (Dia tidak menggunakan nama belakangnya online atau ketika berbicara kepada media karena "berbicara tentang berapa banyak uang yang Anda miliki norak.")

Ed mengelola blog Early Retirement Dude. Dia mengatakan informasi tentang cara pensiun dini sudah tersedia sekarang karena begitu banyak orang yang mendokumentasikan perjalanan mereka secara online.

"Orang tidak harus membuatnya sendiri di ruang hampa udara," katanya.

Sebelum kemandirian finansial mendapatkan branding "KEBAKARAN", buku-buku seperti "Uang Anda atau Hidup Anda" karya Vicki Robin, yang diterbitkan pada tahun 1992, membahas keutamaan berhemat dan kebebasan yang sama, kata Tanja Hester, 39, seorang pensiunan awal dan penulis Our Next Blog hidup dan sebuah buku berjudul "Work Optional."

Masuk akal bahwa KEBAKARAN sedang tumbuh, kata Emrys Westacott, penulis buku "The Wisdom of Frugality" dan seorang profesor di Universitas Alfred di Alfred, N.Y.

Komputer dan smartphone telah mempercepat laju pekerjaan dan kehidupan, katanya. Terus beradaptasi dengan teknologi baru sulit bagi pekerja yang lebih tua, yang takut akan menjadi usang, katanya. "Ini seperti lelucon di 'Alice Through the Looking Glass,'" kata Westacott. "Kamu harus berlari sangat cepat untuk tetap di tempat yang sama."
Sebuah penarik pasar banteng

Pertumbuhan gerakan ini bertepatan dengan pasar bullish di saham AS yang dimulai 10 tahun lalu. 2010-an telah menghasilkan pengembalian rata-rata tahunan 13,2%, mengamati perusahaan keuangan Convoy Investments, dibandingkan dengan rata-rata jangka panjang 9,6%. Pengembalian yang lemah atau crash pasar saham, seperti yang terjadi pada tahun 2000 dan 2008, dapat membatasi atau membatalkan rencana penggemar FIRE.

Ed, Dude Pensiun Dini, mengatakan bahwa seharusnya tidak menjadi perhatian. Karena dia telah pensiun selama 15 tahun, dia telah menghadapi dan selamat dari krisis keuangan, dan lainnya, penurunan, katanya. Istrinya mengidap kanker payudara di awal masa pensiun mereka, tetapi mereka telah cukup menabung sehingga mereka mampu membayar untuk perawatannya, katanya.

Saya telah mencoba mengajar orang sejak awal bahwa volatilitas pasar saham sama tidak relevannya dengan cuaca harian terhadap kesuksesan investasi jangka panjang Anda, kata Adeney, dari blog Mr. Money Moustache.

"Selama Anda tidak mencoba menari masuk dan keluar dari pasar dengan suasana berita utama saat ini, sedikit volatilitas saham benar-benar akan membantu pensiunan pensiun dini di sepanjang jalan, karena crash pasar saham hanya penjualan sementara atas saham."

Bagi banyak orang, FIRE didasarkan pada pengorbanan yang signifikan. Adeney menganjurkan agar tidak memiliki mobil, dan menyarankan pindah ke daerah dengan biaya hidup yang lebih rendah dan mempraktikkan kebiasaan hemat lainnya, seperti memasak di rumah dan menjadi mahir dalam proyek-proyek DIY alih-alih mempekerjakan orang lain.

Hester, dari blog Our Next Life, mengatakan pembicaraan tentang penghematan yang kejam itu terlalu berlebihan.

"Gagasan ini bahwa Anda harus mendapatkan enam angka, tidak punya anak, harus semuanya atau tidak sama sekali - saya pikir itu konyol," katanya. Kebanyakan orang melakukannya sebenarnya hidup normal. Jika Anda bisa mempertahankan gaya hidup kelas menengah dan menumbuhkan penghasilan Anda, Anda bisa menabung untuk itu dengan cepat.

Adeney mengakui FIRE kemungkinan akan tetap menjadi gaya hidup khusus. Kebanyakan orang akan melanjutkan "jalan yang sama menuju kelimpahan materi," katanya.

Tetapi FIRE akan memicu pemikiran baru dalam beberapa hal tentang apa yang mereka butuhkan untuk menjadi bahagia, katanya. Pada titik tertentu, orang akan menyadari bahwa kita telah mencapai titik 'lebih dari cukup untuk menjadi bahagia' sejak lama, dan mereka akan mulai melihat bahwa Anda dapat memilih akhir pekan tiga hari selamanya, hanya dengan menyerahkan hal-hal seperti seribu -Dollar iPhone dan truk pickup 300-tenaga kuda. "

Dalam dua dekade berikutnya, kekhawatiran tentang kelebihan material dan perubahan iklim dapat mendorong perubahan struktural, kata Westacott, profesor Universitas Alfred.

Popularitas metode "KonMari" Marie Kondo - yang pada dasarnya menyingkirkan hal-hal yang tidak Anda sukai atau bahkan butuhkan - menunjukkan bahwa segala sesuatu mungkin berubah.

"Orang-orang melihat sekeliling dan berkata, Saya tidak butuh semua omong kosong ini," kata Westacott. "Kamu benar-benar bisa menjalani kehidupan yang sangat menyenangkan dengan sedikit lebih sedikit."

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Utang Pelajar AS Coba Ditanggung para Emiten Ini
Fed Tidak Naikkan Suku Bunga Pekan Depan, Asal..
Krisis Trump Bisa Hampiri Industri Keuangan AS
Bagaimana Sikapi Janji Baru the Fred?
Ini Penjual Makanan Hewan Piaraan Sukses IPO di US
(Catatan Sepekan IHSG) Pasca Libur Lebaran, Pasar Merespon Positif
Harga Minyak Mentah Lanjutkan Penguatan

kembali ke atas