EKONOMI

Selasa, 28 Mei 2019 | 17:01 WIB

Konsumsi BBM di Tol Saat Mudik Naik Tajam

Indra Hendriana
Konsumsi BBM di Tol Saat Mudik Naik Tajam
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memprediksi bakal terjadi kenaikan konsumsi BBM saat mudik 2019 sebesar 15%. Tenang, Pertamina sudah siapkan stok yang cukup.

Persentase kenaikan BBM, proyeksi kami naik 15 persen rata-rata nasional, kata Direktur Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Menurut dia, Peningkatan tertinggi konsumsi BBM akan terjadi di akses jalan tol. Ini karena telah terbangun dan mulai digunakannya tol trans Jawa serta sebagian tol trans Sumatera.

Khusus untuk mengantisipasi kebutuhan yang melonjak di tol trans Jawa, Pertamina telah menyediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol, baik dengan adanya SPBU regular maupun SPBU modular. Tapi khusus di tol naiknya bisa sekitar 30-40 persen khusus di Jawa Tengah dibandingkan tahun lalu," ujar dia.

Adapun titik layanan BBM di sepanjag jalur tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga.

Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

Namun demikian, pasokan jelang dan saat masa mudik serta arus balik lebaran atau Idul Fitri pada tahun ini dipastikan. Bahkan perseroan telah siapkan armada tanker khusus yang diperuntukkan untuk mengantisipasi masalah pasokan ke Terminal Bahan Bakar Minyak di wiayah Sumatera, Jawa dan Timur Indonesia.

Tiga kapal tanker akan langsung beroperasi jika ditemukan ada kendala, baik teknis maupun non teknis dalam suplai BBM ke terminal. Kapasitas satu tanker sekitar 100 ribu200 ribu liter.

Khusus untuk menghadapi lonjakan supaya suplai tidak terlambat, akan ada tambahan tiga tanker sapu jagat. Itu di Sumatera, Jawa dan Indonesia Timur. Tanker ini sifatnya untuk mengisi kondisi kritis atau keterlambatan tanker kalau ada masalah cuaca. Supaya stok di TBBM bisa terpenuhi dengan baik, kata dia. [ipe]

#Pertamina #BBM #JalanTol
BERITA TERKAIT
Sumur YY Pertamna Masih Semburkan Minyak ke Laut
(Pencemaran Minyak Tumpah) Tutup Sumur YYA-1, PHE ONWJ Lakukan Ini
Rini Minta Bos Kuliner Tinggalkan LPG Subsidi
Kuota Solar Milik AKR Akan Diaihkan ke Pertamina
Ini 10 Provinsi yang Kuota BBM Subsidi Jebol
BPH Tuding Tambang Biang Kerok BBM Subsidi Jebol
Tren Naik, Pertamina Serap Fame 3,2 Juta KL

kembali ke atas