MOZAIK

Selasa, 04 Juni 2019 | 09:00 WIB

Inilah Sesungguhnya Orang yang Berpuasa itu?

Inilah Sesungguhnya Orang yang Berpuasa itu?
(Foto: Ilustrasi)

IMAM Ibnul Qoyyim -rahimahullah- berkata:

Orang yang berpuasa itu adalah orang yang anggota badannya berpuasa dari perbuatan dosa. Lidahnya berpuasa dari perkataan bohong, keji dan dusta.

Perutnya berpuasa dari makan dan minum. Dan farjinya dari berhubungan badan. Jika ia berbicara, maka ia tidak berbicara dengan perkataan yang dapat merugikan puasanya.

Jika ia berbuat, maka ia tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak puasanya. Lisannya hanya mengucapannya setiap yang bermanfaat dan baik saja.

Demikian juga amalnya seperti minyak wangi yang mana setiap orang yang duduk bersamanya akan mencium wanginya. Seperti itulah siapa saja yang berteman dengan orang yang berpuasa, ia dapat mengambil manfaat darinya.

Dan selamat dari kedustaan, kebohongan, kemaksiatan dan kedzaliman. Inilah puasa yang disyariatkan, tidak hanya menahan makan dan minum saja.

Maka puasa itu adalah puasanya anggota badan dari dosa. Dan puasanya perut dari makan dan minum.

Seperti halnya makanan dan minuman dapat menghancurkan dan merusaknya, begitu pula dosa dapat melenyapkan pahala dan merusak hasilnya. Sehingga menjadikannya seperti orang yang tidak berpuasa.

[Al Wabilush Sayyib: 32/31]

#Puasa
BERITA TERKAIT
Syair : Padang Rasa
Hadits yang Menunjukkan Keharaman Anjing
Memahami Ayat Alquran tentang Haramnya Hewan Buas
Perintah Allah untuk Menaati Rasulullah
Hukum Seorang Muslim Lakukan Jual Beli Anjing
Keharusan Menaati Perkataan Rasulullah
5 Hewan Fasik yang Boleh Dibunuh saat Ihram

kembali ke atas