DUNIA

Selasa, 04 Juni 2019 | 08:32 WIB

Sekjen PBB Kutuk Pembunuhan Demonstran di Sudan

Sekjen PBB Kutuk Pembunuhan Demonstran di Sudan
Sekjen PBB Antonio Guterres (Foto: voanews)

INILAHCOM, New York--Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk serangan pasukan keamanan Sudan terhadap lokasi demonstrasi di Khartoum yang menewaskan dan melukai puluhan orang.

"Ia mengutuk penggunaan kekuatan untuk membubarkan demonstran di lokasi di mana mereka menggelar aksi duduk, dan ia khawatir dengan laporan bahwa pasukan keamanan juga menembaki fasilitas medis," ujar juru bicara Guterres di kantor PBB di New York, seperti dilaporkan VOA, Selasa 4/5/2019).

Sekjen PBB mengingatkan tanggungjawab Dewan Militer Transisi Sudan atas keselamatan dan keamanan warga Sudan. Ia juga menyerukan kepada seluruh pihak untuk sedapat mungkin menahan diri.

Ledakan dan tembakan mesin terdengar ketika pasukan keamanan menyerbu sebuah lokasi demonstrasi di luar Kementerian Pertahanan di mana para demonstran melancarkan protes selama delapan minggu terakhir, menuntut kekuatan militer untuk menyerahkan kekuasaan kepada otorita sipil.

Sejumlah saksi mata mengatakan lokasi demonstrasi itu sudah dibersihkan.

The Central Committee of Sudan Doctors yang dekat dengan lokasi gerakan demonstrasi itu mengatakan sedikitnya 30 orang tewas dan banyak lainnya luka-luka. [voa/lat]

#SekjenPBB #Demonstran #Sudan
BERITA TERKAIT
Demo di Hong Kong Hingga Malam
(Pemimpin Hong Kong) Revisi RUU Ekstradisi Sudah 'Mati'
Mengenaskan, Nasib Dokter yang Lacak Bin Laden
Studio Animasi Jepang Dibakar, 33 Orang Tewas
Trump Bertemu Tokoh Muslim Uighur dan Rohingya
RI Kecam Kota Oxford Beri Penghargaan ke Wenda
AS Cekal Panglima Militer Myanmar

kembali ke atas