PASAR MODAL

Senin, 10 Juni 2019 | 10:01 WIB

China Catat Surplus Perdagangan US$41,6 M di Mei

Wahid Ma'ruf
China Catat Surplus Perdagangan US$41,6 M di Mei
(Foto: ist)

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China mengalami surplus perdagangan keseluruhan bulan Mei lalu senilai US$41,65 miliar, jauh lebih besar dari yang diperkirakan karena kebuntuan perdagangan antara Washington dan Beijing berlarut-larut.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan China akan mencatat surplus perdagangan keseluruhan US$20,5 miliar di bulan Mei.

Ekspor berdenominasi dolar negara itu untuk Mei naik tipis 1,1%, sementara impor turun 8,5%, menurut data dari Administrasi Umum Kepabeanan China. Para ekonom telah memperkirakan ekspor dan impor dalam mata uang dolar China akan turun 3,8% tahun-ke-tahun, demikian mengutip cnbc.com, Senin (10/6/2019).

Surplus perdagangan keseluruhan China pada bulan April adalah US$13,8 miliar, data bea cukai menunjukkan, jauh di bawah proyeksi US$35 miliar. Hal itu sebagian disebabkan oleh kenaikan impor yang tak terduga sebesar 4%, dan penurunan mengejutkan sebesar 2,7% dalam ekspor untuk bulan tersebut.

Negosiasi tingkat tinggi antara AS dan China macet setelah Presiden Donald Trump bulan lalu menaikkan tarif barang-barang Tiongkok senilai US$200 miliar.

Trump mengancam akan ada lebih banyak pungutan yang akan datang, poin yang ditegaskan kembali oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, yang mengatakan kepada CNBC bahwa presiden "sangat senang" untuk meningkatkan tarif di China jika pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping tidak berjalan baik.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Pernyataan Pejabat Fed Hanya Teoritis Saja
Bursa Saham Asia Bisa Variatif
Inilah Pemicu Pelemahan Harga Minyak Berjangka
Bursa Saham AS Berhasil Catat Kenaikan
Dolar AS Berakhir Lebih Rendah
MenKeu AS Sebut Negosiasi dengan China Kian Rumit
Bursa Saham AS Bisa Jatuh

kembali ke atas