DUNIA

Selasa, 11 Juni 2019 | 06:35 WIB

Ini Pandangan Vatikan tentang LGBT

Ini Pandangan Vatikan tentang LGBT
(Foto: BBC)

INILAHCOM, Vatikan--Vatikan menantang pandangan modern bahwa identitas gender adalah pilihan pribadi. Menurut Vatikan, pandangan tersebut didasarkan pada konsep kebebasan yang membingungkan.

"Gender ditentukan oleh Tuhan, bukan oleh individu," demikian pernyataan yang termuat dalam dokumen baru Vatikan yang menantang konsepsi modern tentang identitas gender, seperti dikutip dari BBC, Selasa (11/6/2019).

Dikatakan bahwa debat tentang identitas gender ditujukan untuk "memusnahkan konsep alam", menyebabkan "krisis pendidikan", dan menghancurkan keluarga.

Dokumen ini merupakan pedoman pengajaran setebal 31 halaman, dirilis pada hari Senin (10/6/2019), berjudul "Pria dan Perempuan Dia Menciptakan Mereka".

Pedoman ini dikeluarkan oleh Kongregasi untuk Pendidikan Katolik sebagai instruksi pengajaran bagi mereka yang bekerja dengan anak-anak.

Dokumen tersebut menyerukan dialog, tetapi mengeluarkan panduan tentang sejumlah topik termasuk komunitas transgender. Khususnya, mengkritik pemahaman modern tentang gender yang dipandang lebih kompleks daripada pembagian biner jenis kelamin.

Dikatakan teori saat ini "menjauh dari alam" dan sebagai gantinya, "menuju pilihan absolut keputusan yang berdasar perasaan subjek manusia".

Dokumen itu pula mengatakan identitas seksual yang berubah "seringkali didasarkan pada konsep kebebasan yang membingungkan dalam ranah perasaan dan keinginan".

Selanjutnya dikatakan bahwa gender tidak diputuskan oleh individu tetapi diperhitungkan oleh Tuhan: "Kitab Suci mengungkapkan kebijaksanaan dari rancangan Sang Pencipta, yang telah ditugaskan sebagai tugas untuk menggerakkan tubuhnya, maskulinitas dan feminitasnya."

Pandangan Vatikan ini dikecam oleh kelompok LGBT Catholics, yang mengatakan pandangan ini mendorong kebencian dan kekerasan terhadap komunitas LGBT. [bbc/lat]

#vatikan #lgbt
BERITA TERKAIT
Sehari Najib Razak Belanja Rp 11 Miliar
Kabinet Baru Thailand Dilantik, Militer Tetap Kuat
Hamas Bantah Ingin Bantai Yahudi di Dunia
Ratu Penipu Hollywood Kirim Korban ke Jakarta
Polisi Italia Gerebek Kelompok Neo-Nazi
Ditemukan Lagi Kuburan Massal di Suriah
Gedung Putih Blokir Suaka bagi Migran

kembali ke atas