MOZAIK

Rabu, 12 Juni 2019 | 12:00 WIB

Foto-Foto Tak Menutup Aurat sebelum Hijrah

Foto-Foto Tak Menutup Aurat sebelum Hijrah
(Foto: Ilustrasi)

ALLAH Ta'ala tidak membebani manusia di atas kemampuannya, dan memberikan ganjaran terbaik mereka yang bersegera dalam seluruh urusan ketaatan dan kebaikan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

Abu Hurairah berkata, Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apa yang aku larang hendaklah kalian menjauhinya, dan apa yang aku perintahkan maka lakukanlah semampu kalian. Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kalian adalah karena mereka banyak bertanya dan karena penentangan mereka terhadap para nabi mereka." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Setiap manusia banyak berbuat salah (dosa). Dan sebaik-baik dari orang-orang banyak berbuat salah (dosa) adalah orang-orang yang banyak bertobat." (HR Tirmidzi, no. 2499 dari sahabat Anas bin Malik).

"Orang yang telah bertobat dari dosa-dosanya (dengan sungguh-sungguh) adalah seperti orang yang tidak punya dosa." (HR. Ibnu Majah no. 4250)

Berkata Fudhail bin 'Iyadh,

"Engkau berbuat kebaikan (amal saleh) pada sisa umurmu (yang masih ada), maka Allah akan mengampuni (dosa-dosamu) di masa lalu, karena jika kamu (tetap) berbuat buruk pada sisa umurmu (yang masih ada), kamu akan di siksa (pada hari kiamat) karena (dosa-dosamu) di masa lalu dan (dosa-dosamu) pada sisa umurmu."

Maka, terhadap foto-foto yang telah lalu, jika masih ada dijumpai lakukanlah semampu kita dengan hal berikut:

1. Meminta kepada sahabat yang memposting foto untuk menghapusnya, jika tidak mau melakukannya, un-friend adalah salah satu opsi agar ia tidak tampil dalam wall kita, dan un-friend bukan bermaksud memutuskan silaturrahim, ia hanya sekedar sarana agar foto tidak tampil.

2. Melakukan un-tag terhadap foto-foto yang terkait dengan diri kita dengan posisi tidak syar'i.

Semoga Allah Ta'ala memberikan keistiqamahan atas hijrah yang telah dilakukan. Yassirlana. [Ustadz DR. Wido Supraha]

BERITA TERKAIT
Akikahi Anak Angkat Tanpa Persetujuan Orangtuanya
Anak Hasil Zina Tak Peroleh Warisan!
Jangan Beri Nama Makhluk dengan Ar-Rahman, Kenapa?
Dalil Haramnya Onani dan Masturbasi
Antara Susah dan Senang
Ketika Ruh Ponpes Masuk ke Tubuh Perguruan Tinggi
Menguasai Hak Milik Umum untuk Kepentingan Pribadi

kembali ke atas