GAYA HIDUP

Selasa, 11 Juni 2019 | 18:45 WIB

Ubud Bali, Destinasi Gastronomi Dunia

Mia Umi Kartikawati
Ubud Bali,  Destinasi Gastronomi Dunia
Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vita Datau (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali, segera ditetapkan sebagai destinasi gastronomi berstandar global oleh organisasi pariwisata dunia atau UN World Tourism Organization (UNWTO).

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vita Datau di Jakarta, Selasa (11/06/2019) menyambut baik penetapan Ubud menjadi destinasi gastronomi prototype standar UNWTO.

Program yang dikerjakan oleh Kementerian Pariwisata dan UNWTO ini memasuki tahapan penting yaitu kunjungan tim yang ditunjuk oleh UNWTO untuk melakukan pendalaman dan penilaian atas destinasi yang diusulkan oleh Kementerian Pariwisata sejak 2017, katanya.

Tahap ini disebut sebagai tahap pengembangan produk wisata gastronomi di Ubud. Pada tahap ini akan banyak melibatkan peran pemerintah Kabupaten Gianyar, dan pelaku industri pariwisata.

Melalui wawancara, kunjungan, verifikasi tim UNWTO akan bekerja selama lebih kurang satu minggu di destinasi yang telah sangat siap menjadi destinasi gastronomi kelas dunia ini, tambahnya.

Vita mengatakan pihaknya melihat potensi yang besar di Indonesia dengan aset gastronomi yang sangat luar biasa terutama keberagaman budaya dan bahan pangan lokal yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Program ini adalah satu dari strategi Pengembangan Wisata Kuliner Kemenpar yakni menaikkan popularitas destinasi kuliner yang lebih dikenal dunia sebagai destinasi gastronomi ke standar internasional, paparnya.(tka)

#ubud #bali #destinasi #gastronomi #dunia
BERITA TERKAIT
Inovasi Kesehatan Dapat Pengakuan Dunia
APJI, Banyak Ukir Prestasi Dunia Kuliner
Tips, Metode Kontrasepsi Saat Berhaji
Petugas Haji: Sediakan Konsultasi Menstruasi
Secara Global, Kasus DBD Meningkat
Bersama Perangi DBD
(Logistik untuk Jemaah Haji Indonesia) Pastikan Keamanan Makanan Katering Madinah

kembali ke atas