DUNIA

Kamis, 13 Juni 2019 | 21:38 WIB

Jepang Ikut Latihan Militer Gabungan di Australia

Jepang Ikut Latihan Militer Gabungan di Australia
(voanews)

INILAHCOM, Jakarta--Untuk kali pertama, sebuah kapal Angkatan Laut Jepang akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan di perairan Australia.Para analis mengatakan hal itu merupakan isyarat meningkatnya hubungan pertahanan Asia-Pasifik.

Latihan militer gabungan ini sebelumnya hanya sering dilakukan Australia dan AS. Namun untuk tahun ini, latihan militer yang disebut "Talisman Sabre" akan dikuti banyak negara lain. Demikian VOA, Kamis (13/6/2019).

Latihan militer gabuangan dua tahun sekali ini umumnya dilakukan di kawasan utara dan timur Australia.

Tahun ini, latihan militer gabungan akan dilakukan Australia bersama AS, Selandia Baru, Kanada, Inggris dan Jepang. Angkatan laut Jepang dilaporkan akan terlibat dalam manuver-manuver militer yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama dan integrasi pertahanan antara negara-negara yang terlibat.

Sebelumnya bulan ini, Pemerintah Australia dikecam karena tidak terlebih dahulu mengumumkan bahwa tiga kapal perang China berlayar ke pelabuhan Sidney untuk singgah selama empat hari.

Para analis mengatakan pihak berwenang China akan memonitor secara seksama latihan militer gabungan "Talisman Sabre" tahun ini. Latihan yang berlangsung dari akhir Juni hingga awal Agustus ini akan berlangsung kawasan latihan militer Shoalwater Bay dan kawasan hutan dekat Rockhampton, di Queensland Tengah.

Perang simulasi ini akan melibatakan hingga 2.500 personel militer yang beroperasi di darat, laut dan udara. [voa/lat]

#Jepang #Latihan #Militer #Australia
BERITA TERKAIT
AS Cekal Panglima Militer Myanmar
China Intip Latihan Perang Australia
Jepang Lelang Daging Paus Hasil Perburuan
Trump Bertemu Tokoh Muslim Uighur dan Rohingya
RI Kecam Kota Oxford Beri Penghargaan ke Wenda
Jemaah di New York Mengeluh Komentar Rasis Trump
AU AS Siap Serbu Pangkalan Alien

kembali ke atas