TEKNOLOGI

Jumat, 14 Juni 2019 | 11:00 WIB

Kolaborasi Qualcomm-Samsung Siapkan Snapdragon 865

Ibnu Naufal
Kolaborasi Qualcomm-Samsung Siapkan Snapdragon 865
(ist)

INILAHCOM, San Diego - Qualcomm berencana untuk kembali bekerja sama dengan Samsung dalam pengembangan Snapdragon 865. Seperti apa?

Qualcomm menilai bahwa proses 7nm EUV milik Samsung memiliki teknologi yang lebih mutakhir jika dibandingkan dengan node 7nm milik TSMC. Meski belum disepakati, perjanjian ini telah memasuki tahap akhir dari kesepakatan tersebut.

Beredar rumor yang menyatakan bahwa akan terdapat dua jenis chipset Snapdragon 865, yakni versi standar dan versi yang menggunakan modem X55 5G. Qualcomm sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini.

Qualcomm bukan merupakan perusahaan pertama yang menggunakan foundry milik Samsung. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Nvidia telah bekerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan arsitektur Ampere yang menggunakan proses 7nm pada kartu grafis terbaru mereka.

Selain itu, IBM juga memilih untuk menggunakan foundry 7nm EUV milik Samsung dalam pengembangan Power Processor generasi terbaru mereka. AMD juga menjadi salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Samsung dalam pengembangan mobile GPU mereka.

Samsung dilaporkan telah berencana untuk meningkatkan produksi foundry EUV mereka. Hal ini dilakukan terkait tingginya permintaan pasar untuk produk ini. Mereka juga telah menjadwalkan garis produksi selanjutnya yang akan dimulai pada Februari 2020.

#Qualcomm #Samsung #Snapdragon865
BERITA TERKAIT
Penampakan Wujud Galaxy Note 10 di Halaman FCC
Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 215
Penjualan Samsung Galaxy S10 Lebihi Galaxy S9
Varian Samsung Galaxy A30 Muncul di Geekbench
Samsung Gelar Kompetisi Desain Gadget
Samsung Akui Memaksakan Peluncuran Galaxy Fold
Samsung Galaxy Note 10 Meluncur 7 Agustus 2019

kembali ke atas