TEKNOLOGI

Jumat, 14 Juni 2019 | 12:30 WIB

Kominfo Blokir Konten Iklan Rokok di Internet

Kominfo Blokir Konten Iklan Rokok di Internet
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) memblokir iklan atau konten rokok pada sejumlah platform media sosial guna menindaklanjuti permintaan Kementerian Kesehatan RI.

"Surat Menteri Kesehatan RI kepada Menteri Kominfo RI No TM.04.01/Menkes/314/2019 perihal Pemblokiran Iklan Rokok di Internet diterima oleh Kemkominfo pada Kamis (13/6/2019) pukul 13.30 WIB," kata Kominfo dalam keterangan resminya.

Kementerian melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menelusuri konten iklan rokok di dunia maya dan menemukan 114 kanal yang memuat konten tersebut di platform Facebook, Instagram, dan YouTube.

Konten-konten tersebut dinilai melanggar Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan pasal 46 ayat 3 butir c tentang promosi rokok yang memperagakan wujud rokok.

"Saat ini Tim AIS Kemkominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform di atas," kata Kominfo.

Tim AIS merupakan tim internal Kominfo untuk mengidentifikasi konten di media sosial yang melanggar aturan di Indonesia, misalnya hoaks, pornografi dan ujaran kebencian.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, Menkominfo Rudiantara sudah menghubungi Kemenkes dan regulator kesehatan untuk menggelar rapat koordinasi teknis terkait konten yang melanggar aturan di bidang kesehatan. [tar]

#Kominfo #blokir #iklan #rokok
BERITA TERKAIT
Kominfo Buka Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Startup Lokal Kini Makin Dicintai, Ini Buktinya
(GIIAS 2019) Penyegaran Fitur Wuling Confero S, Harga Naik
(GIIAS 2019) Asuka Car TV Luncurkan Head Unit dan TPMS
Suzuki Ajak Pelajar SMK Ulas Teknologi Jimny
(Student's Day GIIAS 2019) Honda Undang Pelajar SMK Edukasi Teknologi Canggih
(GIIAS 2019) Donna Agnesia Terkesan Kenyamanan Nissan Livina

kembali ke atas