GAYA HIDUP

Senin, 17 Juni 2019 | 16:03 WIB

Kenali Kanker Tulang Penyebab Kematian

Mia Umi Kartikawati
Kenali Kanker Tulang Penyebab Kematian
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kanker tulang termasuk kanker yang tergolong langka dan sulit disembuhkan serta dapat menyebabkan kematian.

Kanker tulang terjadi akibat adanya sel tulang yang bertumbuh tidak normal. Penyakit ini dapat dialami sejak usia anak hingga dewasa terutama pada perempuan usia produktif, yaitu usia 21-35 tahun.

Sedangkan untuk anak-anak yang memiliki riwayat kanker pada retina atau selaput jala mata (retinoblastoma) dan melakukan terapi kanker sejak kecil mempunyai risiko terkena kanker tulang.

Penyebab kanker tulang sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, kata dokter Fridolin Seto Pandu selaku ManagerMedical Underwriter Sequis menjelaskan kanker tulang biasanya terkait faktor genetik.

Misalnya jika keluarga memiliki sindrom Li-Fraumen (disebabkan kesalahan gen yang diwarisi dari orang tua), penyakit Paget atau tulang rapuh akibat jaringan tulang baru secara perlahan menempati jaringan tulang lama (Pagets disease), riwayat kanker mata (retinoblastoma), dan ada riwayat penyakit lainnya yang berkaitan dengan paparan sinar radiasi tinggi maka risiko terkena kanker tulang akan lebih besar.

#KankerTulang
BERITA TERKAIT
Rekomendasi Wisata Malam di Singapura
Besarkan Usaha Katering Dengan Mudah
Ini Penularan Hepatitis dari Ibu ke Anak
Cara Atasi Hepatitis C dengan Obat
Siap Kerja, Bekali Anak Ilmu dan Keterampilan
Pengaruh Utama Kesehatan Jemaah Haji Indonesia
Penting, Beri Edukasi Perempuan Tentang Keuangan

kembali ke atas